This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Radliyah, Radliyah (2010) MODERNISASI PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN ASWAJA UMBULSARI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
coverr.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Secara historis timbulnya kelembagaan Islam di Indonesia antara lain merupakan reaksi terhadap dominasi pendidikan colonial yang sekuler, reaksi itu menimbulkan ide penyelenggaraan pendidikan Islam sehingga timbul pesantren, madrasah, dan sebagainya setelah Indonesia merdeka . pemerintah menyusun satu sistem nasional, sehingga pendidikan Islam sebagai sub sistem pendidikan Islam yang nasional yang diakui eksistensinya.
Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan agama Islam yang tumbuh dan berkembang di masyarakat. Perkembangan masyarakat dewasa ini menghendaki adanya pembinaan peserta didik yang dilaksanakan secara seimbang antara lain: sikap pengetahuan, kecerdasan, dan keterampilan kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat secara luas, serta meningkatkan kesadaran terhadap alam lingkungannya, azas pembinaan seperti inilah yang ditawarkan oleh pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia.
Berdasarkan konteks penelitian yang telah diuraikan di atas, maka rumusan penelitian ini adalah tentang bagaimana modernisasi pola pendidikan Islam di pondok pesantren
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah Modernisasi pola pendidikan Agama Islam tentang bagaimana tinjauan pendidikan dan pengajaran pesantren Aswaja Umbulsari Jember, bagaimana materi pendidikan dan pengajaran pesantren Aswaja Umbulsari Jember, bagaimana metode pendidikan dan pengajaran pesantren Aswaja Umbulsari Jember, serta bagaimana evaluasi pendidikan dan pengajaran pondok pesantren Aswaja Umbulsari Jember. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mengambil lokasi di Pondok Pesantren Aswaja Umbulsari Jember. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu: metode interview, observasi, pustaka, dokumentasi dan wawancara.
Setelah melalui proses penelitian maka diperoleh ksimpulan, Modernisasi tujuan pendidikan Islam di pondok pesantren Aswaja Umbulsari adalah mengarah peserta didik agar memiliki kehidupan yang baik di dunia dan di akhirat. Materi pendidikan dan pengajaran tidak hanya materi lokal tapi juga terdiri dari kurikulum pendidikan formal. Metode pendidikan dan pengajaran tidak perlu merubah metode lama akan tetapi perlu penyesuaian dengan perkembangan pendidikan yang menjadi tuntutan zaman saat ini. Dan hasil pelaksanaan evaluasi pendidikan dan pengajaran di pondok pesantren Aswaja Umbulsari dapat diketahui melalui pencapaian sistem pendidikan dan pengajaran yang mengatur jalannya pendidikan dan pengajaran di pondok pesantren.
Penelitian yang dilakukan sebatas Modernisasi pola pendidikan Islam di Pondok Pesantren Aswaja Umbulsari, selanjutnya diharapkan untuk para peneliti berikutnya meneliti tentang pengaruh pendidikan nasional di pondok pesantren Aswaja Umbulsari .
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Modernisasi Pendidikan; Pondok Pesantren Aswaja | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2010 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2015 04:26 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8164 |
Actions (login required)
View Item |