تحليل الأخطاء الإملائية في كتابة طلاب الفصل الثالث من المدرسة الثانوية المعتدل كلامبيس بانكالان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sirojurroyan, Sirojurroyan (2025) تحليل الأخطاء الإملائية في كتابة طلاب الفصل الثالث من المدرسة الثانوية المعتدل كلامبيس بانكالان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sirojurroyan_A91218127 OK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Sirojurroyan_A91218127 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 July 2028.

Download (6MB)

Abstract

“Analisis Kesalahan Penulisan dalam Tulisan Siswa Kelas III Madrasah Aliyah Al-Mu’tadil Kelampis Bangkalan” Kesalahan penulisan merupakan salah satu permasalahan yang sering ditemukan dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam keterampilan menulis bagi penutur bahasa asing. Salah satu jenis kesalahan yang cukup dominan adalah kesalahan penulisan hamzah qatha’ (همزة القطع) dan ta’ marbūṭah (التاء المربوطة). Kesalahan ini dapat menimbulkan ketidakjelasan makna serta mencerminkan lemahnya penguasaan kaidah penulisan oleh siswa. Namun, penelitian yang secara khusus menganalisis kesalahan penulisan pada kedua aspek tersebut masih belum banyak dilakukan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan penulisan hamzah qatha’ (همزة القطع) dan ta’ marbūṭah (التاء المربوطة), serta menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian analisis kesalahan. Data diperoleh dari hasil tulisan 20 siswa kelas III Madrasah Aliyah Al-Mu’tadil Kelampis Bangkalan melalui kegiatan imlā’ (إملاء) lima bait dari kitab Alfiyah Ibn Malik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesalahan yang paling dominan adalah penghilangan hamzah qatha’ (همزة القطع) di awal kata dan penulisan ta’ marbūṭah (التاء المربوطة) menjadi ta’ maftūḥah (تاء مفتوحة). Faktor-faktor penyebabnya meliputi lemahnya pemahaman kaidah penulisan, pengaruh bahasa ibu (interferensi), penerapan kaidah secara berlebihan (overgeneralization), serta kurangnya latihan menulis. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran penulisan yang lebih sistematis dan berbasis analisis kesalahan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sirojurroyan, Sirojurroyansirojurroyand@gmail.comA91218127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulhimmatulkhoiroh@uinsby.ac.id2022127601
Thesis advisorEfendi, Nasikul Mustofaayah_azmee@yahoo.com132101811755
Subjects: Bahasa Arab
Menulis
Keywords: analisis kesalahan; penulisan bahasa arab; hamzah qatha’; ta’ marbūṭah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Sirojurroyan Sirojurroyan
Date Deposited: 30 Jun 2025 17:13
Last Modified: 30 Jun 2025 17:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81669

Actions (login required)

View Item View Item