PENGARUH IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM PADOMASAN JOMBANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2008/2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mariyati, Mariyati (2010) PENGARUH IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM PADOMASAN JOMBANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
coverr.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Implementasi Pendekatan Konstruktivisme adalah bentuk upaya untuk membantu siswa agar selalu mau berusaha salam proses pendidikannya, memahami potensi dirinya serta dapat bertindak wajar sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan. Pendekatan Konstruktivisme sangat diperlukan, apalagi semakin pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemajuan tersebut menuntut perimbangan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkreativitas, tidak terkecuali dari lembaga pendidikan menengah termasuk SMP Islam Padomasan Jombang.
Dalam penelitian ini terdapat tiga masalah penelitian, yaitu: 1. Bagaimana implementasi pendekatan konstruktivisme di SMP Islam Padomasan Jombang?; 2. Bagaimana motivasi belajar siswa SMP Islam Padomasan Jombang?; dan 3. Adakah pengaruh Implementasi Pendekatan Konstruktivisme terhadap motivasi belajar siswa SMP Islam Padomasan Jombang ?
Ditinjau dari pendekatannya penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dan ditinjau dari aspek intervensinya penelitian ini adalah penelitian non eksperimen yang tergolong kepada studi korelasional..
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Padomasan Jombang dengan populasi 547 siswa. Adapun untuk pengambilan sampelnya yaitu dengan cara mengambil 15 % dari tiap tingkatan dengan menggunakan metode non random sampling dengan teknik purposive sampling. Sehingga diperoleh 60 siswa yang dijadikan sampel.
Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data yang diperlukan adalah teknik observasi, interview, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik dengan memakai teknik statistik inferensial dengan menggunakan rumus X (Kai Kuadrat) yaitu :
Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, diperoleh hasil Kai Kuadrat sebesar 14,054 lebih besar dari Harga Kritik Kai Kuadrat baik pada taraf signifikansi 5 % yaitu sebesar 9,488 maupun pada taraf signifikansi 1 % yaitu sebesar 13,227. Dan hasil penghitungan Koefisien Kontingensi sebesar 0,43.
Hasil penelitian yang telah dilakukan ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Implementasi Pendekatan Konstruktivisme di SMP Islam Padomasan Jombang berada dalam kategori cukup. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket yang menunjukkan bahwa Implementasi Pendekatan Konstruktivisme di SMP Islam Padomasan Jombang berada dalam kategori cukup dengan persentase sebesar 46,67%; 2. Motivasi belajar siswa SMP Islam Padomasan Jombang berada dalam kategori cukup. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket yang menunjukkan bahwa Motivasi Belajar Siswa SMP Islam Padomasan Jombang berada dalam kategori cukup dengan persentase sebesar 53,33%; dan 3. Ada pengaruh yang cukup signifikan antara Implementasi Pendekatan Konstruktivisme terhadap Motivasi belajar siswa SMP Islam Padomasan Jombang. Hal ini dapat dilihat dari hasil penghitungan Koefisien Kontingensi sebesar 0,43
Penelitian yang telah dilakukan adalah penelitian non eksperimen, untuk itu kepada peneliti selanjutnya diharapkan dapat melanjutkan penelitian ini yaitu dengan pendekatan secara eksperimen. Dalam motivasi belajar peneliti hanya membatasi pada indikator yang telah disebutkan pada definisi opersional variable, untuk penelitian selanjutnya diharapkan ada peneliti yang mengadakan penelitian ditinjau dari indicator yang lebih luas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mariyati, MariyatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendekatan
Keywords: Motivasi Belajar; Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Aug 2010
Last Modified: 13 Feb 2015 06:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8168

Actions (login required)

View Item View Item