This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Afiq, Wildan (2025) استخدام التقويم التكويني من خلال wizer.me لتقويم مهارة القراءة لطلاب الفصل الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 3 سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Wildan Afiq_06040221094.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Wildan Afiq_06040221094_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 30 June 2028. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Penggunaan Asesmen Formatif Berbasis Media Wizer.me untuk mengevaluasi keterampilan membaca kelas VIII. Lokasi yang menjadi tempat penelitian adalaj MTsN 3 Sidoarjo. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah gabungan antara metode kuantitatif dan kualitatif untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi dengan jumlah sampel penelitian yang terdiri dari 31 siswa kelas VIII D yang mengikuti asesmen menggunakan platform Wizer.me. Tujuan Penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui penggunaan asesmen formatif berbasis Wizer.me untuk mengevaluasi Maharoh Qiroah Siswa Kelas VIII MTsN 3 Sidoarjo 2) untuk mengetahui validitas, reliabilitas, Tingkat kesukaran dan daya beda soal pada asesmen formatif berbasis Wizer.me untuk mengevaluasi Maharoh Qiroah VIII MTsN 3 Sidoarjo 3) untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan penggunaan asesmen formatif berbasis quizwhizzer untuk mengevaluasi Maharoh Qiroah Siswa Kelas VIII MTsN 3 Sidoarjo Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertanyaan yang digunakan dalam penilaian formatif melalui alat Wizer.me memiliki validitas yang baik. Dengan nilai rhitung < rtabel (0,893) (kategori baik). Sedangkan Reliabilitas soal keterampilan membaca sebesar 0,757 tergolong reliabilitas (kategori cukup). Dari segi tingkat kesulitan soal membaca pada pilihan ganda terdapat 3 soal yang tergolong dalam kategori "mudah" (p < 0,70), sementara 17 soal lainnya termasuk dalam kategori "sedang" (0,31≤ P ≤ 0,70). Adapun untuk soal esai keterampilan membaca, tingkat kesulitannya berkisar antara 0,56 hingga 0,71, yang sebagian besar termasuk dalam kategori "sedang". Sementara itu Tingkat daya pembeda soal berada pada kisaran 0,21 hingga 0,71. Yang menunjukkan bahwa sebagian soal memiliki kemampuan yang cukup baik dalam membedakan siswa dengan kompetensi rendah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bahasa Arab | ||||||||||||
Keywords: | Asesmen formatif; media Wizer.me; keterampilan membaca | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Wildan Afiq | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Jun 2025 06:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Jun 2025 06:09 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81708 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |