Penerapan Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan menghafal pada anak usia 5-6 tahun di TK IT Permata Kids Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fisabillillah, Lailatus Sakinah (2025) Penerapan Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan menghafal pada anak usia 5-6 tahun di TK IT Permata Kids Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatus Sakinah Fisabillillah_06020921038 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lailatus Sakinah Fisabillillah_06020921038 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 July 2028.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan Al-Qur’an sejak usia dini sebagai pondasi utama dalam membentuk karakter dan moral anak yang Islami. Salah satu kegiatan penting dalam pendidikan Al-Qur’an adalah tahfidz atau menghafal Al-Qur’an, terutama Juz 30, yang dinilai lebih mudah diterapkan pada anak usia dini. Dalam hal ini, penerapan metode Ummi menjadi salah satu pendekatan yang dianggap efektif karena mengedepankan pembelajaran yang mudah, menyenangkan, dan menyentuh hati anak-anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan ini dipilih untuk menggali makna secara mendalam dari proses penerapan metode Ummi, serta untuk memahami hubungan antara pelaksanaan metode dan peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara mereduksi, menyajikan, serta menarik kesimpulan berdasarkan pola, kesesuaian, dan perbedaan yang ditemukan di lapangan. Penarikan kesimpulan dilakukan dengan membandingkan antara teori dan data hasil penelitian. Seluruh data disusun dalam bentuk laporan yang runtut dan sistematis agar dapat dipahami secara utuh. Penelitian ini difokuskan pada konteks penggunaan metode Ummi dalam program tahfidz anak usia 5–6 tahun di TK IT Permata Kids Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Ummi dilaksanakan melalui tiga tahapan utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Guru tidak menggunakan RKH khusus, namun sekolah telah menentukan target hafalan berdasarkan jenjang kemampuan siswa. Pembelajaran dilakukan secara bertahap dengan strategi yang disesuaikan dengan karakter anak usia dini. Faktor pendukung dalam pelaksanaan metode ini meliputi kompetensi guru, pelatihan dari Ummi Foundation, media pembelajaran yang memadai, serta keterlibatan aktif orang tua. Adapun faktor penghambat yang ditemukan antara lain kurangnya kesiapan emosional anak, perhatian yang mudah teralihkan, serta hambatan teknis seperti perbedaan tingkat kemampuan hafalan antar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fisabillillah, Lailatus Sakinahlailatussakinahf@gmail.com06020921038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanlailatussakinahf@gmail.com2002017001
Thesis advisorMusthofa, Bahrilailatussakinahf@gmail.com2022077302
Subjects: Anak
Islam
Anak > Kepribadian
Keywords: Metode Ummi; Tahfidz; Anak Usia dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Lailatus Sakinah
Date Deposited: 01 Jul 2025 03:31
Last Modified: 01 Jul 2025 03:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81745

Actions (login required)

View Item View Item