Korelasi kemampuan membaca kitab Al-Ghayah Wa At-Taqrib terhadap hasil belajar fikih kitab siswa MAN 3 Tambakberas Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Arifatun (2025) Korelasi kemampuan membaca kitab Al-Ghayah Wa At-Taqrib terhadap hasil belajar fikih kitab siswa MAN 3 Tambakberas Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arifatun Azizah_06020121035 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Arifatun Azizah_06020121035 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 July 2028.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian yakni menganalisis tingkat kemampuan membaca kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib dan hasil belajar fikih kitab siswa MAN 3 Tambakberas Jombang, dalam rangka menguji hubungan korelasi sebagai respons terhadap tantangan pemahaman kitab kuning. Peneliti mengkaji 3 permasalahan diantaranya: (1) Bagaimana kemampuan membaca kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib siswa MAN 3 Tambakberas Jombang? (2) Bagaimana hasil belajar fikih kitab Siswa MAN 3 Tambakberas Jombang? (3) Adakah korelasi antara kemampuan membaca kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib terhadap hasil belajar fikih kitab siswa MAN 3 Tambakberas Jombang?. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi 795 siswa serta sampel sebanyak 89 siswa yang diperoleh menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data memakai tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS dengan melakukan beberapa uji yakni uji validitas, reabilitas, normalitas dan uji korelasi pearson. Hasil penelitian yakni (1) kemampuan membaca kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib siswa MAN 3 Jombang kemampuan tergolong sangat baik dengan hasil perolehan tes yakni 81,10 yang mana berada pada interval 80%-100%. (2) hasil belajar nahwu siswa yang diperoleh dari guru fikih kitab melalui tes membaca kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib di MAN 3 Jombang memiliki kategori positif atau cenderung baik. Distribusi persentase nilai mengkonfirmasi hal ini, di mana kelompok dengan rentang nilai 85-89 (49.44%), menunjukkan penguasaan materi yang kuat. Selanjutnya, 16.85% berhasil meraih nilai 90-92, mencerminkan pemahaman yang sangat mendalam. Kelompok nilai 80-84 (11.24%), yang juga menunjukkan pemahaman yang baik. Menariknya, sekitar 22.47% yang memperoleh nilai dalam rentang 75-79. (3) korelasi antara kemampuan membaca kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib terhadap hasil belajar nahwu siswa MAN 3 Jombang kuat dan signifikan. Korelasi tersebut masuk dalam kategori kuat dengan nilai r = 0,790051 sedangkan r tabel yakni 0,2084. Sedangkan nilai perolehan T hitung yang sebesar 12,02058 yang mana T hitung tersebut > dari T tabel yakni 1,662557 yang artinya signifikan. Jadi nilai r hitung > dari r tabel memungkinkan kita guna menyimpulkan H0 ditolak sedangkan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Arifatunazizaharifatun@gmail.com06020121035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Korelasi; Kemampuan Membaca Kitab; Hasil Belajar Fikih Kitab.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arifatun Azizah
Date Deposited: 01 Jul 2025 01:38
Last Modified: 01 Jul 2025 01:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81774

Actions (login required)

View Item View Item