This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mahmudah, Dian Nur Ulifatul (2025) Efektivitas model problem based learning berbantuan media stellarium terhadap keterampilan berpikir kritis siswa UPT SMP Negeri 14 Gresik pada materi sistem tata surya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Dian Nur Ulifatul Mahmudah_06041021044.pdf Download (27MB) |
![]() |
Text
Dian Nur Ulifatul Mahmudah_06041021044_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 2 August 2028. Download (27MB) |
Abstract
Negeri 14 Gresik pada materi sistem tata surya. Hal ini disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional (ceramah, penugasan dan tanya jawab) sehingga pembelajaran masih dominan berpusat pada guru.Hal ini disebabkan oleh kurangnya inovasi guru dalam menggunakan media digital saat proses pembelajaran materi sistem tata surya, sehingga menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menilik sejauh mana efektivitas model problem based learning berbantuan media Stellarium terhadap keterampilan berpikir kritis siswa UPT SMP Negeri 14 Gresik pada materi sistem tata surya. Penelitian ini termasuk dalam rancangan penelitian quasi-eksperimen (nonequivalent control group design). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random. Peneliti mengacak kelas/cluster yang telah ditetapkan oleh sekolah dan memperoleh 2 kelas yaitu, kelas VII-I sebagai kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan model problem based learning berbantuan media Stellarium, dan kelas VII-G sebagai kelompok kontrol sehingga menggunakan metode pembelajaran konvensional (ceramah, penugasan dan tanya jawab). Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 62 siswa. Penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent Sample T-Test dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning berbantuan media Stellarium efektif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa UPT SMP Negeri 14 Gresik pada materi sistem tata surya, yang dibuktikan dengan perolehan rerata skor keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning berbantuan media Stellarium sebesar 96 yang asuk dalam kategori sangat baik. Nilai signifikansi uji Independent Sample T-Test sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Selain itu, hasil penelitian ini juga membahas terkait rerata skor posttest pada kelompok eksperimen yang lebih tinggi sebesar 84,58 dibandingkan kelompok kontrol sebesar 66,81. Skor N-Gain pada kelompok eksperimen lebih tinggi sebesar 0,71 yang masuk dalam kategori tinggi, sementara pada kelompok kontrol sebesar 0,42 yang masuk dalam kategori sedang.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Astronomi Fisika Metode Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Problem based learning; keterampilan berpikir kritis; sistem tata surya | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | Dian Nur Ulifatul Mahmudah | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Jul 2025 04:02 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Jul 2025 04:02 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81812 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |