Pengembangan modul ajar berbasis etnomatematika dalam Kompleks Makam Sunan Drajat Lamongan untuk melatih kemampuan pemecahan masalah peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoirunnisa, Nadia Nashwa (2025) Pengembangan modul ajar berbasis etnomatematika dalam Kompleks Makam Sunan Drajat Lamongan untuk melatih kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadia Nashwa Khoirunnisa_06010421020 OK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Nadia Nashwa Khoirunnisa_06010421020 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2028.

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh peserta didik. Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah, sehingga kemampuan pemecahan masalah perlu dilatihkan salah satunya yaitu dengan menggunakan konteks kehidupan yang bermakna dan relevan melalui penyisipan permasalahan yang berasal dari lingkungan termasuk dalam budaya yang ada di sekitar peserta didik melalui latihan soal. Proses pemberian latihan soal dapat diberikan melalui LKPD dan handout, dimana bahan ajar tersebut termasuk bagian dari modul ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan modul ajar berbasis etnomatematika dalam kompleks makam Sunan Drajat untuk melatih kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Implementasi modul ajar yang telah dikembangkan dilakukan pada 35 peserta didik kelas VII-A SMP Negeri 1 Lamongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar catatan lapangan, lembar validasi, lembar observasi, dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu terdiri dari analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi data proses pengembangan modul ajar, sedangkan untuk data kuantitatif dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif yakni meliputi analisis data kevalidan, analisis data kepraktisan, dan analisis data keefektifan. Hasil yang diperoleh dari serangkaian proses pengembangan modul ajar berbasis etnomatematika dalam kompleks makam Sunan Drajat Lamongan yaitu meliputi: (1) Pada tahap analisis diperoleh data bahwa pembelajaran yang diterapkan masih kurang dalam melatihkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Kemudian pada tahap perancangan dan pengembangan dilakukan penyusunan modul ajar, LKPD, handout dan soal tes berbasis etnomatematika dalam kompleks makam sunan drajat yang kemudian divalidasi dan direvisi agar siap diuji cobakan kepada peserta didik. (2) Modul ajar berbasis etnomatematika yang telah dikembangkan dinyatakan “valid” dengan rerata total kevalidan modul ajar sebesar 4,13, LKPD sebesar 4,20, handout sebesar 4,16, dan soal tes sebesar 4,11. (3) Hasil pengembangan modul ajar, LKPD, handout dan soal tes berbasis etnomatematika dalam kompleks makam sunan drajat telah dinyatakan “praktis” dengan diperoleh rata-rata nilai kepraktisan mencapai kriteria A untuk handout, serta diperoleh kriteria B untuk modul ajar, LKPD dan soal tes. (4) Hasil pengembangan modul ajar, LKPD, handout dan soal tes berbasis etnomatematika dalam kompleks makam sunan drajat telah dinyatakan “efektif” dengan diiperoleh persentase aktivitas peserta didik tergolong dalam kategori aktif sebesar 94,76%, serta tingkat kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diperoleh meliputi 28,57% berada pada kategori tinggi, 54,29% berada pada kategori sedang, dan 17,14% berada pada kategori rendah. Sehingga berdasarkan hasil tersebut, penerapan pembelajaran dengan menggunakan modul ajar berbasis etnomatematika dalam kompleks makam Sunan Drajat Lamongan dapat melatih kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoirunnisa, Nadia Nashwanashwanadia8@gmail.com06010421020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Subjects: Budaya Islam
Matematika
Keywords: Etnomatematika kompleks makam sunan drajat; modul ajar; dan kemampuan pemecahan masalah.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nadia Nashwa Khoirunnisa
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:37
Last Modified: 02 Jul 2025 07:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81823

Actions (login required)

View Item View Item