This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Putri, Anjellia Nanda (2025) Efektivitas model POEW (predict observe explain write) terhadap peningkatan keterampilan proses sains pada materi tata surya kelas VII di SMP Negeri 19 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Anjellia Nanda Putri_06021021019.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Anjellia Nanda Putri_06021021019_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 3 July 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains pada kelas VII di SMP Negeri 19 Surabaya. Hal ini disebabkan pembelajaran yang diterapkan merupakan model pembelajaran yang masih bersifat teacher center dan minim didorongnya pembelajaran praktikum, padahal dengan adanya praktikum menumbuhkan daya ingat siswa yang lebih tinggi karena merasakan kejadian secara langsung terhadap permasalahan yang diberikan. Oleh karna itu, peneliti ingin melakukan perbaikan pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain Write (POEW) yang diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Predict Observe Explain Write (POEW) terhadap peningkatan keterampilan proses sains pada materi tata surya kelas VII di SMP Negeri 19 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design menggunakan pretest posttest control group design. Sampel penelitian merupakan kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan uji paired sample t-test, perhitungan N-Gain, analisis skor keterampilan proses sains setiap indikator dan analisis lembar observasi. Model POEW dikatakan efektif ditunjukkan dengan keterlaksanaan aktivitas mengajar guru dan aktivitas siswa kelas eksperimen memperoleh nilai 100. Perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dibuktikan dengan hasil uji independent sample t-test yaitu 0,000 < 0,05 dan peningkatan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol dibuktikan dengan hasil uji paired t-test dengan hasil uji signifikansi p-value 0,000 < 0,05 dan t-value 17,37 > 2,06. Hasil perhitungan N-Gain menunjukkan ada peningkatan nilai rata rata keterampilan proses sains kelas eksperimen dengan skor N-Gain sebesar 0,6213 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,3904 dengan kategori sedang. Analisis skor keterampilan proses sains kelas eksperimen diperoleh rata rata 73,85 dengan kategori baik. Setiap indikator diperoleh rata rata yaitu merumuskan masalah sebesar 65,68 kategori baik, merumuskan hipotesis sebesar 86,27 kategori sangat baik, mengidentifikasi variabel sebesar 68,62 kategori baik, mendefinisikan variabel sebesar 62,74 kategori baik, merancang dan melaksanakan eksperimen sebesar 77,45 kategori baik, membuat kesimpulan sebesar 82,35 kategori sangat baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Astronomi Fisika |
||||||||||||
Keywords: | Predict observe explain write (POEW); keterampilan proses sains; praktikum | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | Anjellia Nanda Putri | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2025 01:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2025 01:40 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81878 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |