Penerapan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mengatasi problem etik generasi Z di SMPN 1 Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmawati, Dian (2025) Penerapan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mengatasi problem etik generasi Z di SMPN 1 Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dian Rachmawati_06010121012.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Dian Rachmawati_06010121012_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Problem Etik Generasi Z di SMPN 1 Waru”. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena penurunan etika di kalangan siswa Generasi Z yang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi dan media sosial. Di SMPN 1 Waru, penerapan nilai-nilai pendidikan agama Islam menjadi upaya strategis dalam membentuk karakter dan perilaku siswa agar memiliki akhlak yang baik dan mampu menghadapi tantangan zaman. Pendidikan Agama Islam (PAI) berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai seperti sopan santun, tanggung jawab, disiplin, dan rasa hormat melalui berbagai program keagamaan yang terstruktur dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa masalah, diantaranya: 1) Bagaimana penerapan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam membentuk perilaku etik Generasi Z di SMPN 1 Waru? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan nilai-nilai pendidikan agama Islam di SMPN 1 Waru dalam konteks perubahan perilaku etik Generasi Z? 3) Bagaimana efektivitas penerapan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mengatasi tantangan etik siswa Generasi Z di SMPN 1 Waru? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian meliputi guru Pendidikan Agama Islam, siswa, dan pihak sekolah. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan pendekatan induktif, yang berfokus pada pemahaman mendalam terhadap fenomena yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai pendidikan agama Islam di SMPN 1 Waru berjalan efektif dalam membentuk perilaku etik siswa. Program-program seperti shalat dhuha, shalat dzuhur berjamaah, doa pagi bersama, mengaji, serta kegiatan 7S (Senyum, Salam, Sapa, Salim, Santun, Semangat, dan Sepenuh Hati) mampu menginternalisasi nilai-nilai moral kepada siswa. Siswa yang terlibat dalam kegiatan tersebut menunjukkan perubahan positif dalam hal disiplin, sopan santun, dan rasa tanggung jawab. Meskipun demikian, terdapat beberapa tantangan yang dihadapi, seperti pengaruh media sosial yang cenderung negatif dan kurangnya pengawasan orang tua di luar sekolah. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Etik Generasi Z, Nilai-Nilai Agama, SMPN 1 Waru

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmawati, Diandiianrachmaaa@gmail.com06010121012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnas, Ismailanasismail553@gmail.com--
Thesis advisorNasihuddin, Muhammadnasihuddin245@gmail.com2024116701
Subjects: Agama
Adab
Etika
Keywords: Pendidikan Agama Islam; etik generasi Z; nilai-nilai agama; SMPN 1 Waru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian rachma
Date Deposited: 03 Jul 2025 01:51
Last Modified: 03 Jul 2025 01:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81923

Actions (login required)

View Item View Item