Penerapan model pembelajaran open ended untuk meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alviasyah, Elsa Nur (2025) Penerapan model pembelajaran open ended untuk meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elsa Nur Alviasyah_06021021026.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Elsa Nur Alviasyah_06021021026_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2028.

Download (10MB)

Abstract

Pembelajaran Abad 21 tidak hanya menuntut peserta didik tidak hanya menguasai pengetahuan, tetapi juga memiliki kemampuan problem solving sebagai bagian dari kompetensi esensial yang dibutuhkan di era global dan digital. Namun, faktanya kemampuan problem solving di Indonesia masih tergolong rendah, salah satunya di MTs Sunan Kalijogo Surabaya. Rendahnya kemampuan tersebut salah satunya disebabkan oleh model pembelajaran yang diterapkan masih kurang sesuai dan kurangnya latihan soal berbasis kemampuan problem solving. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbaikan dan inovasi pada pembelajaran yang diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Fokus penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran open ended dalam meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif jenis quasi experimen dengan desain pretest-postest control group. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi, angket, serta tes kemampuan problem solving. Hasil data kemudian dianalisis menggunakan lembar observasi, angket respon, dan tes yang dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dan uji paired sample t-test untuk mengetahui perbedaan kedua kelas, serta uji N-gain untuk mengetahui seberapa meningkat kemampuan problem solving peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model open ended yang dilaksanakan guru mencapai kriteria sangat aktif dengan skor 95,13. Sementara, pada aktivitas peserta didik selama pembelajaran mencapai kriteria aktif dengan skor 88,65, serta respon yang diberikan peserta didik mendapatkan kriteria positif dengan rata-rata skor 81,24. Data pretest diuji dengan independent sample t-test menunjukkan rata-rata skor pada kelas eksperimen 25,50 dan kelas kontrol 22,00. Kemudian, nilai P-value 0,000 dan T-value 6,05 begitupun juga data posttest menunjukkan rata-rata skor kelas eksperimen 36,14 dan kelas kontrol 27,92. Kemudian, nilai P-value 0,000 dan T-value 12,12 yang berarti ada perbedaan pada kedua kelas. Apabila rata-rata skor kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol maka model pembelajaran open ended dikatakan mampu meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik. Data pretest-posttest kelas eksperimen diuji dengan paired sample t-test mendapatkan nilai P-value 0,000 dan T-value 17,00 yang berarti terdapat perbedaan pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah diberikan model open ended. Apabila rata-rata skor kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol maka model pembelajaran open ended dikatakan mampu meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik. Sementara pada uji N-gain kelas eksperimen senilai 0,14 dan kelas kontrol senilai 0,07 yang berarti kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alviasyah, Elsa Nurelsaalviasyah@gmail.com06021021026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIndayati, Tatikindayatitatik@uinsby.ac.id--
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunahsetyawati@uinsa.ac.id2004117403
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan > Tes Belajar
Keywords: Model pembelajaran open ended; kemampuan problem solving
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Elsa Alviasyah
Date Deposited: 03 Jul 2025 02:02
Last Modified: 03 Jul 2025 02:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81932

Actions (login required)

View Item View Item