Efektivitas model pembelajaran SOLE (self-organized learning environment) berbantuan contextual flashcard dalam meningkatkan kemampuan metakognitif peserta didik di MTs Sunan Kalijaga Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Hanun (2025) Efektivitas model pembelajaran SOLE (self-organized learning environment) berbantuan contextual flashcard dalam meningkatkan kemampuan metakognitif peserta didik di MTs Sunan Kalijaga Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanun Faizah_06021021028.pdf

Download (13MB)
[img] Text
Hanun Faizah_06021021028_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2028.

Download (13MB)

Abstract

Teknologi membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, yaitu penguasaan kemampuan abad ke-21. Salah satu penguasaan kemampuan abad ke-21 adalah kemampuan metakognitif. Namun kenyataannya, Kemampuan metakognitif siswa masih tergolong rendah, salah satunya di MTs Sunan Kalijaga Surabaya. Rendahnya kemampuan metakognitif disebabkan oleh kurangnya model pembelajaran yang bervariasi serta kurangnya dalam melakukan latihan soal terkait metakognitif. Oleh sebab itu, peneliti ingin melakukan penelitian yang diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini, mengetahui efektivitas model pembelajaran SOLE (Self-Organized Learning Environment) berbantuan contextual flashcard dalam meningkatkan kemampuan metakognitif siswa di MTs Sunan Kalijaga Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasi experimental dengan desain pretest-posttest control group. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar angket respon, dan lembar tes. Teknik analisis yang digunakan adalah observasi keterlaksanaan, angket siswa, dan uji hipotesis yang terdiri dari uji independent sample t-test dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan model SOLE berbantuan contextual flashcard efektif dalam meningkatkan kemampuan metakognitif siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi yang mencapai kriteria sangat baik, dimana aktivitas guru skor 96,73 dan aktivitas siswa dengan skor 94,8. Respon siswa terhadap model SOLE-contextual flashcard mencapai kriteria sangat positif dengan skor 81%. Peningkatan kemampuan metakognitif terlihat dari uji independent sample t-test yang menunjukkan nilai 0,001<0,05, yang berarti terdapat perbedaan nilai rata-rata kemampuan metakognitif siswa antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil uji N-Gain menunjukkan peningkatan di kelas eksperimen lebih tinggi senilai 0,626 daripada kelas kontrol senilai 0,397. Kemampuan metakognitif juga meningkat terlihat dari nilai rata-rata setiap indikator setelah penerapan model SOLE yang menunjukkan bahwa indikator planning memperoleh skor tertinggi 87,22, sementara indikator monitoring memperoleh skor terendah 52,5.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, Hanunfaizahanun22@gmail.com06021021028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati L, Srisri_hidayati@uinsby.ac.id0925018203
Thesis advisorInayah, Naililnailil.inayah@uinsa.ac.id2020068902
Subjects: Fisika
Pendidikan
Wajib Belajar
Keywords: SOLE (Self-Organized Learning Environment) berbantuan contextual flashcard; kemampuan metakognitif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Hanun Faizah
Date Deposited: 03 Jul 2025 02:20
Last Modified: 03 Jul 2025 02:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81936

Actions (login required)

View Item View Item