Efektivitas pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) melalui model pembelajaran problem based learning berbantuan E-Modul untuk meningkatkan kemampuan literasi sains sains siswa di MTsN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A'yun, Dzurriyatina Qurota (2025) Efektivitas pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) melalui model pembelajaran problem based learning berbantuan E-Modul untuk meningkatkan kemampuan literasi sains sains siswa di MTsN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dzurriyatina Qurota A'yun_06021021024.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Dzurriyatina Qurota A'yun_06021021024_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2028.

Download (11MB)

Abstract

Era Society 5.0 menekankan kemampuan literasi sains menjadi kompetensi penting agar mampu menghadapi tantangan perkembangan teknologi dan berkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat. Namun, hasil studi PISA menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa Indonesia masih tergolong rendah. Berdasarkan hasil observasi di MTsN 2 Sidoarjo, ditemukan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah, menganalisis informasi ilmiah, dan menerapkan pengetahuan sains dalam kehidupan sehari-hari. Rendahnya kompetensi ini dipengaruhi oleh pendekatan pembelajaran yang belum maksimal serta penggunaan media belajar yang terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan E-Modul terhadap peningkatan kemampuan literasi sains siswa. Diharapkan pendekatan ini dapat meningkatkan partisipasi aktif, kemampuan berpikir ilmiah, dan literasi sains siswa secara menyeluruh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif jenis quasi experimental dengan desain pretest-posttest control group. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, angket, serta tes kemampuan literasi sains. Hasil data kemudian dianalisis menggunakan lembar observasi, angket respon, dan tes yang dianalisis menggunakan uji Independent sample T-Test untuk mengetahui perbedaan kedua kelas kemampuan literasi sains siswa, serta uji N-gain untuk mengetahui seberapa meningkat kemampuan literasi sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru mencapai kriteria sangat baik dengan skor 96,78. Sementara pada aktivitas siswa selama pembelajaran mencapai kriteria sangat aktif dengan skor 95,25 serta respon yang diberikan oleh siswa mendapatkan kriteria sangat positif dengan rata-rata skor 91,46%. Data pretest diuji dengan Independent sample T-Test menunjukkan nilai sig. 0,433 yang berarti tidak ada perbedaan pada kedua kelas, sementara data posttest menunjukkan nilai sig.0,000 yang berarti ada perbedaan pada kedua kelas. Pada uji N-gain kelas eksperimen senilai 0,697 dan kelas kontrol senilai 0,100 yang berarti kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A'yun, Dzurriyatina Qurotadzurriyatina1508@gmail.com06021021024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunita.ainun@uinsa.ac.id0705128601
Thesis advisorInayah, Naililnailil.inayah@uinsa.ac.id2020068902
Subjects: Bimbingan Belajar
Kurikulum
Metode Pembelajaran
Keywords: Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual); Model pembelajaran PBL (Problem Based Learning); berbantuan E-Modul; kemampuan literasi sains
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Unnamed user with email dzurriyatina1508@gmail.com
Date Deposited: 03 Jul 2025 01:57
Last Modified: 03 Jul 2025 01:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81956

Actions (login required)

View Item View Item