This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nasihin, M. Zainun (2010) Pengelolaan lingkungan belajar di SMK Madinatul Ulum Baureno Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
M. Zainun Nasihin_D51206391.pdf Download (722kB) |
Abstract
Lingkungan sebagai salah satu faktor pendidikan, sangat berpengaruh terhadap pembentukan pola pikir, sikap, kepribadian, tingkah laku anak dalam perkembangannya. Hal ini di karenakan pembawaan yang potensil dari individu itu tidak spesifik melainkan bersifat umum dan dapat berkembang menjadi macam-macam hasil interaksi dengan lingkungannya. Oleh sebab itu, pada lingkungan dimana anak dibesarkan dan didewasakan akan turut memberikan warna dalam membentuk jati diri anak dimasa mendatang. Lingkungan belajar siswa di sekolah memegang peranan yang penting dalam suksesnya proses pendidikan di sekolah. Sehingga, menarik untuk dikaji kemudian adalah bagaimana pengelolaan lingkungan belajar di sekolah. Dengan pertimbangan itulah, penulis melakukan penelitian di SMK Madinatul Ulum Baureo Bojonegoro. Dengan tujuan untuk memberikan gambaran bagaimana pengelolaan lingkungan belajar di sekolah tersebut, sebagai satu contoh nyata dari pengelolaan lingkungan belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dimana dalam pengumpulan data-data, penulis menggunakan metode interview (wawancara), observasi, dan dokumenter. Sebagai pendekatan berpikir dalam analisisnya, peneliti memilih proses berpikir induktif. Adapun hasil dari penelitian ini dapat ditunjukkan bahwa, pertama, keadaan lingkungan belajar siswa di SMK Madinatul Ulum Baureno Bojonegoro secara umum sudah memenuhi persyaratan sebuah lingkungan belajar. hal ini ditunjukkan dengan adanya kedisipilnan guru maupun siswa dalam proses belajar mengajar, sarana prasarana yang memadai, kebersihan lingkungan sekolah dan kelas. Kedua, peran guru sangat berpengaruh dalam proses pengelolaan lingkungan belajar yang ada di SMK Madinatul Ulum Baureno Bojonegoro. Ketiga, mekanisme pengelolaan lingkungan sekolah di SMK Madinatul Ulum, secara umum terbagi dalam dua tahap. Tahap petama proses internal. Dilaksanakan oleh Kepala Sekolah dengan melakukan koordinasi kepada semua elemen sekolah di masing-masing unit. Tahap kedua proses yang dikerjakan oleh para Wakil Kepala Sekolah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Manajemen Pendidikan Pendidikan > Media Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen Pendidikan > Pendidikan Lanjutan |
||||||
Keywords: | Pengelolaan; Lingkungan Belajar; SMK Madinatul Ulum | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2010 | ||||||
Last Modified: | 02 Jul 2019 02:22 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8199 |
Actions (login required)
View Item |