Penerapan metode gerakan dalam menghafal Hadis pada anak usia 5-6 tahun di taman kanak-kanak aisyiyah bustanul athfal Takerharjo Solokuro Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rokhma, Alfi Naily (2025) Penerapan metode gerakan dalam menghafal Hadis pada anak usia 5-6 tahun di taman kanak-kanak aisyiyah bustanul athfal Takerharjo Solokuro Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfi Naily Rokhma_06020921022 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Alfi Naily Rokhma_06020921022 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2028.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya menghafal hadis dalam pendidikan agama Islam bagi anak usia dini. Belum semua lembaga pendidikan Islam menerapkan pembelajaran hadis. Namun, di TK ABA Takerharjo Solokuro Lamongan sudah menerapkan pembelajaran menghafal hadis. Dalam pembelajaran menghafal hadis membutuhkan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan menghafal anak, salah satunya dengan metode gerakan. Maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai penerapan metode gerakan dalam menghafal hadis pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA Takerharjo Solokuro Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi secara langsung, wawancara secara mendalam, asesmen lisan, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode gerakan dalam menghafal hadis pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA Takerharjo Solokuro lamongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menghafal hadis dengan metode gerakan meliputi tahap penyusunan konsep pembelajaran hadis, perencanaan pendekatan pembelajaran hadis, pelaksanaan yang sistematis, hingga evaluasi yang dilakukan secara terstruktur dan konsisten. Anak-anak pada usia 5-6 tahun di TK ABA Takerharjo Solokuro Lamongan menunjukkan kemampuan menghafal hadis yang signifikan saat menggunakan metode gerakan. Selain itu anak-anak menunjukkan pemahamannya mengenai materi hadis yang diajar dengan mengaitkan dan menerapkan materi hadis dalam kegiatan belajar sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rokhma, Alfi Nailyalfinaily193@gmail.com06020921022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisorMusthofa, Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Anak
Hadis
Keywords: Metode gerakan; menghafal hadis; anak usia dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Alfi Naily Rokhma
Date Deposited: 03 Jul 2025 12:40
Last Modified: 03 Jul 2025 12:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81992

Actions (login required)

View Item View Item