تطبيق نموذج التعلم التعاوني باستخدام الوسيلة التعليمية "فوطون" لترقية مهارة الكلام في الصف الحادي عشر(أ) بالمدرسة الثانوية الحكومية سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shafwan, Randah Naufal (2025) تطبيق نموذج التعلم التعاوني باستخدام الوسيلة التعليمية "فوطون" لترقية مهارة الكلام في الصف الحادي عشر(أ) بالمدرسة الثانوية الحكومية سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Randah Naufal Shafwan_06020221054 OK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Randah Naufal Shafwan_06020221054 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 July 2028.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis media Powtoon dalam meningkatkan keterampilan berbicara (maharah al-kalam) siswa kelas XI A di Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbicara siswa dalam bahasa Arab akibat kurangnya minat dan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian dilakukan melalui pre-test dan post-test, serta pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan uji keterampilan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI A yang berjumlah 30 orang. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji Paired Sample T-Test, dan analisis N-Gain dengan bantuan program SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada keterampilan berbicara siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif berbasis Powtoon. Hal ini dibuktikan melalui hasil post-test dengan nilai rata-rata 85,8 (kategori sangat baik), serta hasil uji T yang menunjukkan nilai signifikansi < 0,001, yang berarti H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Selain itu, nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,6849 atau 68,49% termasuk dalam kategori efektivitas sedang menuju tinggi. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran Powtoon dalam model pembelajaran kooperatif terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam bahasa Arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shafwan, Randah Naufalrandahnaufal@gmail.com06020221054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyarifah, Ainunainunsyarifah@uinsby.ac.id2012067802
Thesis advisorJunaedi, Junaediulul_masedi@yahoo.com2024126501
Subjects: Bahasa Arab
Keterampilan
Linguistik
Keywords: Model Pembelajaran Koperatif; Media Pembelajaran Powtoon; Ketrampilan Berbicara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Randah Naufal Shafwan Widyono Rahardjo
Date Deposited: 03 Jul 2025 13:33
Last Modified: 03 Jul 2025 13:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82001

Actions (login required)

View Item View Item