Pengaruh pendekatan mindfulness terhadap self-esteem siswa kelas IV dalam proses pembelajaran di MI Miftahul Ulum Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukaromah, Lu'lu'ul (2025) Pengaruh pendekatan mindfulness terhadap self-esteem siswa kelas IV dalam proses pembelajaran di MI Miftahul Ulum Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lu'lu'ul Mukaromah_06020721049.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Lu'lu'ul Mukaromah_06020721049_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2028.

Download (9MB)

Abstract

Self-esteem merupakan aspek penting dalam perkembangan psikologis siswa, terutama pada jenjang pendidikan dasar. Di MI Miftahul Ulum Gresik, sebagian besar siswa kelas IV memiliki self-esteem sedang, dan sebagian kecil berada pada kategori rendah. Permasalahan ini ditandai oleh kurangnya keberanian siswa dalam berbicara di depan umum dan keraguan terhadap kemampuan akademik. Kondisi tersebut menghambat partisipasi aktif dalam pembelajaran dan perkembangan potensi diri siswa secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan mindfulness terhadap self-esteem siswa kelas IV dalam proses pembelajaran di MI Miftahul Ulum Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberikan latihan mindfulness selama dua minggu, dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji-t untuk melihat pengaruh pendekatan mindfulness terhadap self-esteem siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan mindfulness terhadap self-esteem antara siswa yang diberi perlakuan dan siswa yang tidak diberi perlakuan dalam proses pembelajaran di kelas IV MI Miftahul Ulum Gresik. Siswa yang diberikan perlakuan melalui pendekatan mindfulness menunjukkan peningkatan self-esteem yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak diberikan perlakuan. Nilai signifikansi (2-tailed) dari uji-t sebesar 0,008. Karena nilai signifikansi ≤ 0,05, maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan mindfulness dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan self-esteem siswa dalam proses pembelajaran, terutama dalam hal keberanian berbicara di depan umum dan keyakinan terhadap kemampuan akademik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukaromah, Lu'lu'ulluluulmkrmh83@gmail.com06020721049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.com2009047302
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan > Pendekatan
Psikologi > Psikologi Anak
Psikologi Belajar
Keywords: Mindfulness; self-esteem; proses pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lu'lu'ul Mukaromah
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:05
Last Modified: 09 Jul 2025 03:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82028

Actions (login required)

View Item View Item