Pengaruh metode BCM (bermain, cerita dan menyanyi) terhadap perkembangan intelegensi anak di Taman Kanak-Kanak Muslimat Nu 51 Mojopurogede Bungah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maisaroh, Siti (2010) Pengaruh metode BCM (bermain, cerita dan menyanyi) terhadap perkembangan intelegensi anak di Taman Kanak-Kanak Muslimat Nu 51 Mojopurogede Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Maisaroh_D51206364.pdf

Download (570kB)

Abstract

TKM NU 51 Mojopurogede memiliki tujuan mendidik anak memahami agama sejak dini. Dalam penyampaian materi digunakan cara khusus sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai yaitu dengan memahami kejiwaan anak-anak dan dengan suasana yang menyenangkan. Jika anak merasa terpaksa dalam belajar dapat mengakibatkan benci terhadap ilmu pengetahuan dan terbebani. Oleh karena itu TKM NU 51 memilih metode BCM sebagai metode penyampaian materi karena metode BCM sesuai dengan nurani kejiwaan anak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh metode BCM terhadap perkembangan intelegensi anak TKM NU 51 Mojopurogede, Hal ini dikarenakan penulis tertarik dengan proses pembelajaran yang berjalan kondusif serta prestasi-prestasi anak di TK tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil latar TKM NU 51. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: Pelaksanaan metode Bermain, Cerita dan Menyanyi (BCM) di TKM NU 51 telah dilaksanakan dengan baik dan optimal dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Demikian pula dengan Pelaksanaan metode cerita terlaksana dengan baik. Dan metode menyanyi telah dilaksanakan dengan optimal, guru telah mampu menguasai teknik bernyanyi, anak lebih cepat menerima materi pelajaran terutama materi pengembangan intelegensi dan terhindar dari rasa jenuh. Berdasarkan penelitian, pelaksanaan metode BCM cukup diminati anak- anak dengan menunjukkan rata-rata 8 yang artinya baik, dan perkembangan intelegensi di buku rangkuman penilaian anak juga menunjukkan angka yang baik yaitu rata-rata 7,8. sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh metode BCM terhadap perkembangan intelegensi anak di Taman kanak-kanak Muslimat NU 51 menunjukkan hasil yang cukup atau sedang yaitu 0,625. hal ini dibuktikan perhitungan dengan product moment.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maisaroh, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Bermain; Metode Cerita dan Menyanyi; Intelegensi Anak; Psikologi Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 02 Jul 2019 01:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8210

Actions (login required)

View Item View Item