This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Soleh, Nur Qabib (2025) Persepsi siswa mengenai peran guru PAI sebagai mentor dalam pengembangan soft skills pada era digital di SMPN 26 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.
![]() |
Text
Nur Qabib Soleh_06020121064.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Nur Qabib Soleh_06020121064_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 17 July 2028. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa mengenai peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai mentor dalam pengembangan soft skills pada era digital di SMPN 26 Surabaya. Fokus kajian meliputi tiga hal utama, yaitu: (1) peran guru PAI sebagai mentor dalam membina soft skills siswa melalui proses pembelajaran, (2) pandangan siswa terhadap peran tersebut, dan (3) pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran PAI serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasinya dalam peran mentoring guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Informan utama dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 26 Surabaya kelas 8 yang telah mengikuti pembelajaran PAI serta guru PAI yang bersangkutan. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, yang kemudian divalidasi melalui triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di SMPN 26 Surabaya telah menjalankan peran sebagai mentor secara efektif, baik dalam memberikan pembinaan moral, membentuk karakter, maupun dalam menumbuhkan keterampilan lunak siswa seperti komunikasi, kepemimpinan, kerja sama tim, berpikir kritis, kreativitas, etika, dan kecerdasan digital. Siswa menilai bahwa guru PAI menjadi figur teladan dan pendamping dalam menyelesaikan persoalan yang mereka hadapi, baik di sekolah maupun dalam kehidupan sosial. Di sisi lain, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran PAI terbukti mendukung proses mentoring, meskipun masih terdapat tantangan seperti keterbatasan perangkat dan kesiapan digital siswa dan guru yang belum merata. Dengan demikian, peran guru PAI sebagai mentor di era digital sangat berkontribusi dalam pengembangan soft skills siswa, dan perlu terus ditingkatkan seiring dengan perkembangan teknologi dan dinamika pendidikan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bimbingan Belajar Pendidikan > Pendidikan - Karakter Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan |
||||||||||||
Keywords: | Perspektif siswa; guru PAI; mentor; soft skills | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Nur Qabib Soleh | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 02:11 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 02:11 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82105 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |