This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Baharudin, Amaliyah Ananda (2025) Upaya penguatan karakter gotong royong dalam profil pelajar pancasila bagi generasi alpha di kelas 1C MIN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Amaliyah Ananda Baharudin_06010721005 OK.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Amaliyah Ananda Baharudin_06010721005 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 9 July 2028. Download (4MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara awal, diperoleh data bahwa karakter gotong royong peserta didik di kelas 1C MIN 1 Sidoarjo masih perlu adanya pembinaan dari guru. Hal ini ditandai dengan adanya sifat individualis, kurang sabar, dan emosional. Oleh sebba itu, peneliti ingin mengamati terkait bagaimaan upaya guru dalam menguatkan karakter gotong royong peserta didik yang tergolong ke dalam Generasi Alpha.Tujuan dari penelitian ini yakni untruk mengetahui upaya guru dalam memperkuat karakter gotong royong siswa Generasi Alpha di kelas 1C MIN 1 Sidoarjo baik di dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Selain itu juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses penguatan nilai gotong royong pada siswa Generasi Alpha di kelas 1 MIN 1 Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif dengan pndekatan studi kasus dan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dari wawancara kepada guru kelas, observasi kegiatan gotong royong peserta didik di dalam pembelajaran dan di luar pembelajaran, serta dokumentasi. Adapun teknik analisis kebasahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan upaya penguatan karakter gotong royong melalui mengajarkan pentingnya karakter gotong royong kepada peserta didik dan menjadi teladan yang baik, menumbuhkembangkan sikap peduli, kolaborasi, dan berbagi dalam aktivitas sehari-hari di kelas, menyusun modul ajar, mengikutsertakan peserta didik dalam kegiatan gotong royong untuk mengasah keterampilan bergotong royong, memonitor peserta didik untuk melihat ketercapaian karakter gotong royong melalui pengamatan langsung, mengapresiasi setiap bentuk gotong royong yang dilakukan peserta didik sedangkan faktor yang mendukung upaya guru yakni peran guru, peran orang tua, peran madrasah. selain itu untuk faktor penghambatnya yakni perbedaan karakter peserta didik dan sarana prasarana yang kurang mendukung.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pancasila Pengajaran |
||||||||||||
Keywords: | Karakter Gotong Royong; Profil Pelajar Pancasila; Generasi Alpha. | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Amaliyah Baharudin | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2025 00:35 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2025 00:35 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82327 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |