This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Aulia, Nadia Kisti (2025) Optimalisasi penggunaan fitur pengembangan diri pada platform merdeka mengajar dalam meningkatkan kompetensi guru di Sekolah Menengah Pertama al-Islam Krian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Nadia Kisti Aulia_06020320043.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Nadia Kisti Aulia_06020320043_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 9 June 2028. Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul Optimalisasi Penggunaan Fitur Pengembangan Diri Pada Platform Merdeka Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di Sekolah Menegah Pertama Al-Islam Krian. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai penggunaan menu pengembangan diri dan webinar dalam fitur pengembangan diri dan upaya mengoptimalkan penggunaan menu pengembangan diri dan webinar dalam fitur pengembangan diri pada platform merdeka mengajar untuk meningkatkan kompetensi guru di SMP Al-Islam Krian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun informan penelitian terdiri dari kepala sekolah, dan guru. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dalam melakukan analisis dan interpretasi data serta menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengembangan diri guru di sekolah memerlukan sebuah organisasi yang tertib namun fleksibel agar tidak menghambat kreativitas dan motivasi guru, dukungan fasilitas yang memadai, kebebasan waktu akses, serta pengawasan yang efektif sangat penting untuk meningkatkan kompetensi guru melalui menu pelatihan mandiri dan webinar, fitur ini memberikan kemudahan penggunaan serta menyediakan materi yang berkualitas dan dalam menggunakan fitur in diperlukan penguasaan kompetensi teknologi, profesional dan manajemen waktu. (2) Kendala yang dihadapi dalam mengoptimalkan fitru pengembangan diri adalah kendala manajemen waktu dan rendahnya motivasi guru. untuk mengatasi kendala ini terdapat lima upaya pengoptimalan yakni, pemberian dukungan, keteladanan kepala sekolah, supervisi, penetapan target, dan manajemen waktu. Meskipun mendapati kendala, namun optimalisasi penggunaan fitur pengembangan diri pada platform merdeka mengajar terbukti efektif untuk meningkatkan kompetensi guru.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Guru Manajemen Pendidikan Manajemen Personalia |
||||||||||||
Keywords: | Optimalisasi; fitur pengembangan diri; platform merdeka mengajar; peningkatan kompetensi guru | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Nadia Kisti Aulia | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2025 03:21 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2025 03:21 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82335 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |