This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sari, Ayu Intan (2014) TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA : STUDI KASUS SISWA DISKALKULIA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 WRINGINANOM GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (525kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (128kB) | Preview |
Abstract
Pendekatan tutor sebaya adalah pendekatan dalam pembelajaran dimana teman sebaya yang memiliki prestasi dan kemampuan yang lebih dari teman-teman lainnya ditunjuk oleh guru sebagai tutor untuk membantu temannya yang mengalami kesulitan belajar, sementara di SMPN 1 Wringinanom ada siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika dan pendekatan tutor sebaya dirasa efektif karena temannya sendiri yang menggantikan fungsi guru, sehingga siswa tidak takut bertanya, tidak sungkan serta mudah memahami bahasa temannya sendiri. Nilai siswa lebih baik sesudah melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan tutor sebaya.
Dalam penelitian ini masalah yang ingin diteliti adalah bagaimana proses pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan tutor sebaya pada siswa diskalkulia, bagaimana hasil pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan tutor sebaya pada siswa diskalkulia dan bagaimana kelebihan dan kekurangan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan tutor sebaya pada siswa diskalkulia.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kwalitatif, adapun informan penelitiannya adalah kepala sekolah, guru bimbingan konseling guru matematika dan siswa. Dan tehnik pengumpulan data melalui observasi,wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari proses penelitian pendekatan tutor sebaya dalam pembelajaran matematika pada siswa diskalkulia di SMP Negeri 1 Wringinanom Gresik berhasil. Proses pembelajaran dengan menggunakan tutor sebaya pada siswa diskalkulia ada dua tahap yakni oleh guru matematika dan oleh tutor. Hasilnya efektif dan sangat membantu, karena dilihat dari hasil nilai sebelum dan sesudah tutor ada peningkatan, nilai siswa yang semula jelek karena memiliki kesulitan belajar matematika menjadi lebih baik dengan menggunakan pendekatan tutor sebaya dan selain ada kelebihan yang dirasakan guru matematika, tutor dan siswa diskalkulia juga tidak lepas dari kekurangannya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Masyhudi Ahmad | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Metode | ||||||
Keywords: | Tutor Sebaya; Siswa Diskalkulia | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2015 09:05 | ||||||
Last Modified: | 13 Feb 2015 09:05 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/825 |
Actions (login required)
View Item |