This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Pebrianah, Intan (2025) Pola kepemimpinan kepala madrasah perempuan dalam mendorong madrasah ramah anak di MAN 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Intan Pebrianah_06020321030 OK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Intan Pebrianah_06020321030 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 16 July 2028. Download (1MB) |
Abstract
Kepemimpinan kepala madrasah perempuan sering dianggap memiliki karakter unik, kelembutan, dan mampu berkembang dengan baik. Artinya kepemimpinan kepala madrasah perempuan dinilai efektif dalam mencapai tujuan pendidikan, seperti pada pendidikan madrasah. Keberhasilan tersebut sebagian besar dipengaruhi oleh kemampuan mengelola manajemen madrasah, salah satunya dipengaruhi oleh pola kepemimpinan. Pola kepemimpinan ini menciptakan lingkungan lebih inklusif bagi peserta didik terutama di madrasah yang mengimplementasikan program ramah anak. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian tentang pola kepemimpinan kepala madrasah perempuan, madrasah ramah anak, dan pola kepemimpinan kepala madrasah perempuan dalam mendorong madrasah ramah anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun informan penelitian terdiri dari kepala madrasah, tim ramah anak, guru, tenaga kependidikan, siswa, komite madrasah dan orang tua. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data penelitian menggunakan tiga jenis triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepala madrasah perempuan di MAN 1 Lamongan menerapkan kepemimpinan transformasional dengan pola partisipatif yang berfokus pada komunikasi, motivasi, pengambilan keputusan musyawarah, manajemen sumber daya yang kolaboratif, serta supervisi efektif melalui observasi dan evaluasi rutin untuk peningkatan mutu madrasah. (2) Madrasah ramah anak di MAN 1 Lamongan diterapkan melalui kebijakan tata tertib positif, dukungan Pemerintah Daerah, kurikulum mendukung tumbuh kembang anak, dan pelatihan hak anak untuk seluruh elemen madrasah. Sarana prasarana inklusif dan pelibatan aktif komunitas yang memperkuat lingkungan yang aman dan ramah anak. (3) Kepemimpinan kepala madrasah perempuan di MAN 1 Lamongan dengan pola partisipatif untuk mendorong madrasah ramah anak dilakukan melalui tiga tahap: Pada tahap persiapan, dilakukan sosialisasi, penyusunan kebijakan, dan pembentukan tim MRA. Tahap perencanaan mencakup integrasi program ramah anak, penyusunan tata tertib, dan mekanisme pengaduan. Pada pelaksanaan, kepala madrasah mengoptimalkan sumber daya dan berkolaborasi dengan pihak eksternal, sehingga program MRA menghasilkan perubahan positif, termasuk penghargaan nasional dalam standarisasi MRA.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen Kepemimpinan |
||||||||||||
Keywords: | Pola Kepemimpinan; Kepala Madrasah Perempuan; Madrasah Ramah Anak | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Intan Pebrianah | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 12:57 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 12:57 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82587 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |