Strategi guru dalam mengelola pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus kelas I di MI Salafiyah Bahauddin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imroniyah, Nurul 'Arifah (2025) Strategi guru dalam mengelola pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus kelas I di MI Salafiyah Bahauddin Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul 'Arifah Imroniyah_06040721122 Full.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nurul 'Arifah Imroniyah_06040721122 OK.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 September 2028.

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan inklusif sangat penting agar semua anak, termasuk yang berkebutuhan khusus, mendapatkan akses yang sama ke pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana guru kelas I di MI Salafiyah Bahauddin Sidoarjo menyusun rencana pembelajaran, mengelola proses pembelajaran, dan menerapkan sistem evaluasi untuk anak berkebutuhan khusus (ABK). Fokus penelitian mencakup penyusunan rencana yang disesuaikan dengan kebutuhan ABK, strategi pengelolaan pembelajaran dengan modifikasi materi dan penggunaan alat bantu, serta sistem evaluasi berupa penilaian kualitatif, kuantitatif, observasi, dan portofolio. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari guru kelas, guru pendamping ABK, dan koordinator inklusi. Data dianalisis dengan model evaluasi CIPP. Sebelum merencanakan pembelajaran, penting untuk mengidentifikasi karakteristik dan kebutuhan siswa ABK, termasuk slow learner dan tuna wicara. Untuk slow learner, dikembangkan Program Pembelajaran Individual (PPI) yang mencakup tujuan jangka pendek dan panjang. Triangulasi waktu juga berperan dalam meningkatkan kredibilitas data. Hasil penelitian menunjukkan strategi guru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran untuk ABK. Perencanaan dilakukan dengan menyiapkan silabus dan RPP yang disesuaikan. Dalam pelaksanaan, guru menggunakan bahasa sederhana dan memberikan pengulangan materi. Evaluasi dilakukan secara fleksibel dan komprehensif. Namun, guru menghadapi kendala seperti kurangnya pengetahuan mengenai ABK, kurangnya guru pendamping, dan sarana yang belum memadai. Solusi yang diterapkan termasuk pelatihan guru dan kolaborasi dengan orang tua. Meskipun strategi yang diterapkan sudah inklusif, masih dibutuhkan peningkatan kompetensi guru dan sarana pendukung untuk mengoptimalkan layanan pendidikan bagi ABK.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imroniyah, Nurul 'Arifahnurularifahimroniyah@gmail.com06040721122
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id2008088301
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Asuransi Jiwa
Bimbingan Konseling
Hubungan Masyarakat
Keywords: Pendidikan inklusif; Strategi pengengelolaan ABK; Madrasah ibtidaiyah.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul 'Arifah Imroniyah
Date Deposited: 27 Sep 2025 12:28
Last Modified: 27 Sep 2025 12:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82614

Actions (login required)

View Item View Item