This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nursalsabila, Aliya Insan (2025) Perancangan taman wisata edukasi permainan tradisional di kota surabaya dengan pendeketan arsitektur metafora. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Aliya Insan Nursalsabila_09040321053 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Aliya Insan Nursalsabila_09040321053 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 19 August 2028. Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi modern yang pesat telah membawa dampak signifikan terhadap kehidupan masyarakat, termasuk dalam aspek budaya dan pola perilaku anak-anak. Di Indonesia, kemajuan teknologi informasi, khususnya dalam bentuk game online, telah mengubah cara anak-anak berinteraksi, bermain, dan belajar. Fenomena ini menyebabkan pergeseran minat anak-anak dari permainan tradisional yang sarat nilai budaya menuju aktivitas digital yang cenderung individualistik. Akibatnya, permainan tradisional yang merupakan warisan budaya bangsa perlahan mulai ditinggalkan, bahkan terancam punah, seiring dengan berkurangnya ruang bermain dan meningkatnya penggunaan perangkat elektronik di kalangan anak-anak. Padahal, permainan tradisional tidak hanya berfungsi sebagai sarana hiburan, tetapi juga memiliki peran penting dalam membentuk karakter, mengembangkan keterampilan sosial, serta melestarikan nilai-nilai luhur budaya lokal. Menanggapi permasalahan tersebut, diperlukan upaya konkret untuk melestarikan dan memperkenalkan kembali permainan tradisional kepada generasi muda. Salah satu solusi yang diusulkan adalah perancangan Taman Wisata Edukasi Permainan Tradisional di Kota Surabaya dengan pendekatan arsitektur metafora. Konsep ini bertujuan menciptakan ruang edukatif dan rekreatif yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga mampu menghadirkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi anak-anak. Pendekatan arsitektur metafora diharapkan dapat meningkatkan daya tarik taman wisata, memfasilitasi aktivitas bermain yang edukatif, serta memperkuat kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian budaya permainan tradisional. Dengan demikian, taman wisata ini diharapkan menjadi wadah pelestarian budaya sekaligus sarana pembentukan karakter anak melalui aktivitas bermain yang sehat, interaktif, dan penuh nilai edukatif di tengah arus globalisasi dan dominasi teknologi digital.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Arsitektur Game Online |
||||||||||||
Keywords: | Wisata edukasi; permainan tradisional; Arsitektur metafora | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur | ||||||||||||
Depositing User: | Aliya Insan Nursalsabila | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Aug 2025 13:42 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Aug 2025 13:42 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82622 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |