HUBUNGAN ANTARA METODE PRAKTIK DENGAN KETERAMPILAN RANAH PSIKOMOTOR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Izzatul (2010) HUBUNGAN ANTARA METODE PRAKTIK DENGAN KETERAMPILAN RANAH PSIKOMOTOR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini, penulis mengguraikan tentang hubungan antara metode praktik dengan keterampilan ranah psikomotor siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Metode praktik adalah suatu metode dengan memberikan materi pendidikan baik menggunakan alat atau benda seperti di peragakan, dengan harapan anak didik menjadi jelas dan mudah sekaligus dapat mempraktikkan materi yang di maksud.
Untuk dapat menciptakan kondisi pembelajaran yang efektif dan efisien maka guru membutuhkan metode yang tepat dalam pembelajaran, makin tepat metode yang di gunakan oleh guru dalam mengajar diharapkan makin efektif pula pencapaian tujuan pembelajaran. Banyak macam metode yang di pilih oleh seorang guru dalam kegiatan mengajar, namun tidak semua metode di katagorikan sebagai metode yang baik, dan tidak pula semua metode di katakan jelek. Kebaikan suatu metode terletak pada ketepatan memilih metode sesuai dengan tujuan pembelajaran. Metode merupakan fasilitas untuk menghantarkan bahan pelajaran dalam upanya mencapai tujuan. Oleh karena itu dapat di pahami bahwa metode adalah suatu cara yang memiliki nilai strategis dalam kegiatan belajar mengajar, di katakan demikian karena metode dapat mempengaruhi jalanya kegiatan belajar mengajar. Adapun metode pembelajaran yang tepat dan efisien untuk mencapai ranah psikomotor adalah metode praktik. Dimana metode ini merupakan suatu metode yang dapat membantu siswa untuk menguasai keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang di pelajari dan menanamkan kebiasaan-kebiasaan tertentu.
Dari teori diatas penulis berpijak bahwa ada hubungan antara metode praktik dengan keterampilan ranah psikomotor siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri sidoarjo, untuk membuktikanya maka penulis menggunakan rumus product moment. langkah pertama yang harus di lakukukan oleh penulis adalah dengan membagikan angket kepada anak- anak setelah itu anak-anak di suruh menjawab soal angket tersebut dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan strategi ini dalam mata pelajaran fiqih, setelah itu penulis mempersenkan hasil angket tersebut, dari hasil itu penulis mengetahui rata-rata hasil perolehan tentang penggunaan metode ini pada mata pelajaran fiqih. Langkah yang kedua yaitu dengan mengkumpulkan nilai praktik anak-anak dan selanjutnya untuk mengetahui ada tidaknya hubungan maka penulis memasukkan data-data tadi kedalam rumus product moment.. Dalam perhitungan ini penulis sudah mendapatkan hasil bahwa ada hubungan antara metode praktik dengan keterampilan ranah psikomotor siswa adalah sedang/cukup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, IzzatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Psikomotor, Praktik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 11 Feb 2015 05:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8265

Actions (login required)

View Item View Item