Pengaruh penerapan media pembelajaran Renderforest untuk meningkatkan maharah kalam siswa kelas delapan di MTS A. Wahid Hasyim Tikung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Ni’matus (2025) Pengaruh penerapan media pembelajaran Renderforest untuk meningkatkan maharah kalam siswa kelas delapan di MTS A. Wahid Hasyim Tikung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ni'matus Sholihah_ D92218076.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ni'matus Sholihah_ D92218076_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 July 2028.

Download (2MB)

Abstract

Media pembelajaran menjadi salah satu aspek yang mempengaruhi motivasi, kondisi, dan lingkungan belajar, serta minat belajar siswa. Dalam proses pembelajaran Bahasa arab di MTS A. Wahid Hasyim ditemukan berbagai permasalahan, diantaranya penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi, selain itu pada pembelajaran Bahasa arab khususnya pada maharah istima’ dan kalam, banyak siswa merasa kesulitan dalam memahami bahasa arab yang mereka dengar, selain itu mereka juga tidak bisa lancar berbicara menggunakan bahasa arab. Penelitian ini membahas tentang “Pengaruh penerapan media pembelajaran Renderforest untuk meningkatkan maharah kalam siswa kelas delapan di MTS A. Wahid Hasyim Tikung Adapun tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa kelas delapan di MTS A. Wahid Hasyim Tikung, 2) Untuk mengetahui penerapan media pembelajaran Renderforest untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas delapan di MTS A. Wahid Hasyim Tikung, 3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran Renderforest untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas delapan di MTS A. Wahid Hasyim Tikung. Guna menjawab permasalahan diatas Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif melalui T-test, dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas delapan yang terdiri dari 29 siswa MTS A. Wahid Hasyim Tikung. Hasil analisis menunjukkan bahwa t0 > t tabel | 1,69 <6,69>2,45 karena t0 lebih besar dari t-tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh terhadap penerapan media pembelajaran renderforest untuk meningkatkan maharah kalam siswa kelas delapan di MTS A. Wahid Hasyim Tikung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Ni’matusnikmatusmb2000@gmail.comD92218076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuflihah, Muflihahmuflihah@uinsby.ac.id2012067602
Thesis advisorJannah, Ida Miftakhulidamj@uinsby.ac.id2006088002
Subjects: Keterampilan
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: Keterampilan berbicara; renderforest
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ni'matus Sholihah
Date Deposited: 09 Jul 2025 07:37
Last Modified: 10 Jul 2025 03:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82702

Actions (login required)

View Item View Item