This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Desianawati, Defenty (2025) Efektivitas model pembelajaran ctl (contextual teaching and learning) berbasis praktikum terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang di MTSN 1 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Defenty Desianawati_06011021003 OK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
Defenty Desianawati_06011021003 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 17 July 2028. Download (6MB) |
Abstract
Pendidikan menjadi proses memanusiakan manusia, yang setiap individunya membutuhkannya sekaligus menjadi faktor utama dalam kehidupan. Pendidikan juga dijadikan banyak orang untuk belajar mengembangkan diri untuk menimba ilmu. Dijelaskan dalam Al-Quran bahwa Allah memerintahkan agar orang-orang beriman dan berilmu untuk belajar secara konsisten. Ketika orangorang mentaatinya Allah meninggikan derajatnya. Adapun cara memperoleh ilmu adalah dengan belajar. Belajar menjadi proses penting untuk mengetahui sejauh mana pemerintah dalam diri seseorang. Salah satu tolok ukur dari proses pembelajaran berupa hasil belajar. Adapun permasalahan yang dirasakan guru bahwa siswa kesulitan untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal pada materi getaran dan gelombang. Berdasarkan permasalahan yang telah dijelaskan selaras dengan hasil wawancara bersama guru IPA di MTs N 1 Surabaya. Guru menjelaskan bahwa siswa merasakan kesulitan dalam memahami materi dan mendaatkan hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan penggunaan model CTL (Contextual Teaching and Learning) berbasis praktikum untuk memberikan solusi sekaligus menuntaskan permasalahan tersebut. Jenis penelitian yang dipilih adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain non equivalent control group. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling yang diambil dari opulasi siswa kelas 8, sehingga ditetapkan kelas 8 F sebagai kelas kontrol dan 8 A sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang dipakai dalam penelitian meliputi soal tes, angket respon siswa, dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Adapun rata-rata hasil belajar yang diperoleh, pretest kelas kontrol 57,24 kemudian diberikan perlakuan model PBL diperoleh posttest 65,17. Sedangkan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 53,38 diberikan perlakuan model CTL (Contextual Teaching and Learning) berbasis praktikum diperoleh posttest 90,00. Hasil tes menggunakan analisis statistik uji beda Whitney diperoleh asmyp. 2 tailed 0,000 < 0,05, dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil tersebut kelas eksperimen memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Diperkuat dengan signifikansi uji Mann Whitney, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara posttest hasil belajar eksperimen dengan kelas kontrol. Pada uji n-gain mendukung hasil uji hipotesis, diperoleh mean n-gain kelas eksperimen 0,720 (0,7 ≤ g ≤ 1,0) kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol mean n-gain 0,217 (g < 0.3) kategori rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model CTL (Contextual Teaching and Learning) berbasis praktikum efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi getaran dan gelombang di MTs 1 Surabaya. Hasil keterlaksanaan guru dan siswa telah menunjukkan kategori sangat baik. Kelas eksperimen mendapatkan respon siswa yang sangat baik dengan persentase 87,28%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Biologi Fisika Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||||||
Keywords: | Model CTL (Contextual Teaching and Learning); Praktikum; Hasil belajar; dan Pembelajaran IPA. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | Defenty Defenty Desianawati | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 03:53 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 03:53 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82770 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |