This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rahmawan, Achmad Irvan (2025) Pengaruh self-efficacy dan metode mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pai dan budi pekerti di SMP Negeri 19 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Achmad Irvan Rahmawan_06020121026.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Achmad Irvan Rahmawan_06020121026_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 18 July 2028. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy dan metode mengajar guru, baik secara parsial maupun simultan, terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti di SMP Negeri 19 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa kelas VIII yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket self-efficacy, metode mengajar, dan motivasi belajar. Analisis data mencakup statistik deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy siswa berada pada kategori tinggi (72,40%), metode mengajar guru pada kategori baik (77,04%), dan motivasi belajar juga tergolong tinggi (78,80%). Uji t menunjukkan bahwa self-efficacy (Sig. < 0,001; t = 3,996) dan metode mengajar guru (Sig. < 0,001; t = 3,668) berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar. Secara simultan, keduanya juga berpengaruh signifikan (F = 44,443; Sig. < 0,001) dengan koefisien determinasi sebesar 0,609, yang berarti 60,9% variasi motivasi belajar dijelaskan oleh kedua variabel tersebut. Hasil ini menunjukkan bahwa peran guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi serta membangun kepercayaan diri siswa sudah berjalan dengan baik. Upaya tersebut dapat terus dikembangkan agar motivasi belajar siswa tetap terjaga dan meningkat secara berkelanjutan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Motivasi Belajar Pendidikan Islam Psikologi Belajar |
||||||||||||
Keywords: | self-efficacy; metode mengajar guru; motivasi belajar; pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Achmad Irvan Rahmawan | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 01:01 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 01:01 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82800 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |