Pengembangan alat ukur emosi siswa untuk mengoptimalkan prestasi belajar matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ekayani, Nor Aisah (2025) Pengembangan alat ukur emosi siswa untuk mengoptimalkan prestasi belajar matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nor Aisah Ekayani_06040421085.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Nor Aisah Ekayani_06040421085_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 August 2028.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alat ukur emosi dinyatakan valid dan reliabel, serta dapat mendeskripsikan variasi emosi. Emosi merupakan salah satu faktor internal yang berpengaruh terhadap prestasi belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari Achievement Emotions Questionnaire-Mathematics (AEQ-M) yang dirancang untuk mengukur emosi positif dan negatif dalam tiga konteks, yaitu kelas, pembelajaran, dan ujian. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-E dan VIII-H di MTsN 3 Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan validasi ahli, dengan analisis data meliputi validitas isi (menggunakan Aiken’s V), validitas empiris (korelasi Product Moment), dan reliabilitas (Cronbach Alpha). Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat ukur yang dikembangkan memiliki validitas nilai yang sangat tinggi dan nilai validitas empiris juga terpenuhi karena r_hitung>r_(tabel.) Sedangkan hasil reliabilitas yang berdasarkan konteks kelas berkategori sedang, konteks pembelajaran dan ujian berkategori tinggi. Berdasarkan analisis variasi emosi, ditemukan bahwa emosi positif lebih dominan pada konteks pembelajaran (56,1%) dan kelas (54,4%), sedangkan emosi negatif lebih dominan pada konteks ujian (50,7%). Penelitian ini mengindikasikan bahwa suasana belajar yang kondusif mampu mendorong emosi positif, sementara ujian cenderung memicu tekanan emosional. Dengan demikian, alat ukur ini dapat menjadi instrumen diagnostik bagi guru untuk memahami kondisi emosional siswa dan merancang strategi pembelajaran yang mendukung peningkatan prestasi belajar matematika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ekayani, Nor Aisahaisahnor447@gmail.com06040421085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Subjects: Kecerdasan
Psikologi > Kecemasan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Emosi siswa; alat ukur emosi; AEQ-M; prestasi belajar; matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nor Aisah Ekayani
Date Deposited: 18 Jul 2025 02:11
Last Modified: 18 Jul 2025 02:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82838

Actions (login required)

View Item View Item