This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Muluk, Muhammad Islah Azharul (2025) Pelaksanaan metode bandongan pada mata pelajaran fikih dalam mengembangkan berpikir kritis di Mts Hikmatul Ummah Driyorejo Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
M. Islah Azharul Muluk_06040121114.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
M. Islah Azharul Muluk_06040121114_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 22 July 2028. Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian yaitu untuk menjawab 3 rumusan masalah: (1) Bagaimana pelaksanaan metode bandongan pada mata pelajaran Fikih dalam mengembangkan berpikir kritis siswa di MTs Hikmatul Ummah Driyorejo Gresik? (2) Bagaimana perkembangan keterampilan berpikir kritis siswa di MTs Hikmatul Ummah Driyorejo Gresik? (3) Apasaja faktor pengdukung dan penghambat pelaksanaan metode bandongan pada mata pelajaran Fikih di MTs Hikmatul Ummah Driyorejo Gresik? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini ialah menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik dalam menganalisis data pada penelitian ini menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil dari penelitian, (1) Ditemukan guru fikih di MTs Hikmatul Ummah Driyorejo Gresik sudah melaksanakan metode bandongan dengan baik. Metode bandongan yang diterapkan adalah metode bandongan dengan sistem halaqah. (2) Perkembangan keterampilan berpikir kritis siswa MTs Hikmatul Ummah Driyorejo Gresik selama pelaksanaan metode bandongan yaitu berpikiran terbuka, informasi terpercaya, berargumen, bernalar logis, mengajukan pertanyaan, mengidentifikasi asumsi, membuat kesimpulan, rasa ingin tahu, menjadi orang yang lebih baik, percaya diri, fleksibel dalam mempertimbangkan opini, memahami pendapat orang lain, hati-hati dalam membuat penilaian, dan menimbangkan kembali pandangan berdasarkan refleksi. Berdasarkan hal tersebut maka keterampilan berpikir kritis siswa di MTs Hikmatul Ummah Driyorejo Gresik sudah dikembangkan dan dilaksanakan dengan baik. (3) Faktor pendukung metode bandongan ialah 1) Metode yang sesuai dengan sekolah yang berbasis pondok pesantren, 2) Guru-guru salafi yang modern, 3) Banyaknya kelebihan metode bandongan juga karena pembahasannya sesuai dengan apa yang ada, penjelasannya lebih rinci, aktif bertanya, dan membantu santri mengembangkan berpikir kritisnya, 4) Metode ini membuat mereka bersemangat. Faktor penghambat metode bandongan ialah 1) Kurangnya guru, 2) Sarana dan prasarana yang belum mencukupi, 3) Siswa belum menulis salinan kitab dan kurangnya waktu, dan 4) Siswa yang mengantuk saat pelajaran.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran Pendidikan > Penelitian Penelitian |
||||||||||||
Keywords: | Metode bandongan; mata pelajaran fiqih; berpikir kritis | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Islah Muhammad islah azharul muluk islah | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:42 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2025 02:42 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82967 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |