This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Kirana, Nabilla Sasi (2025) kemampuan literasi numerasi dan literasi finansial siswa setelah mengikuti pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ditinjau dari kemampuan matematis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Nabilla Sasi Kirana_06040421081.pdf Download (50MB) |
![]() |
Text
Nabilla Sasi Kirana_06040421081_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 21 July 2028. Download (50MB) |
Abstract
Kemampuan literasi numerasi dan literasi finansial siswa di Indonesia masih rendah karena kurangnya inovasi pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini melihat lebih jauh pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dengan tema kewirausahaan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi dan literasi finansial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi dan literasi finansial siswa setelah mengikuti pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dengan tema kewirausahaan ditinjau dari kemampuan matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 19 Surabaya pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Subjek penelitian diambil dari siswa kelas X yang telah mengikuti kegiatan P5 kewirausahaan dengan total 6 siswa. 2 siswa dengan kemampuan matematis tinggi, 2 siswa dengan kemampuan matematis sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan matematis rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik tes untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi dan literasi finansial siswa setelah mengikuti kegiatan P5 kewirausahaan dan teknik wawancara untuk memperkuat data yang diperoleh dari teknik tes. Setelah data didapatkan, data dianalisis dengan teknik analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan Siswa dengan kemampuan matematis tinggi menunjukkan literasi numerasi dan finansial yang baik setelah mengikuti kegiatan P5 tema kewirausahaan. Mereka mampu menggunakan simbol matematika, menganalisis dan menginterpretasikan informasi, membuat keputusan berdasarkan data, serta menyelesaikan masalah keuangan rutin menggunakan operasi numerik dasar dalam konteks kehidupan sehari-hari. Setelah mengikuti kegiatan P5 tema kewirausahaan, siswa dengan kemampuan matematis sedang menunjukkan literasi numerasi dan finansial yang cukup baik. Mereka mampu menggunakan simbol matematika, menganalisis informasi, serta menguraikan hasil analisis untuk mengambil keputusan. Secara finansial, mereka cukup mampu mengenali produk dan istilah keuangan, menginterpretasikan konsep dasar keuangan, membedakan kebutuhan dan keinginan, serta membuat keputusan sederhana terkait pengeluaran harian dan menyelesaikan masalah keuangan rutin menggunakan operasi numerik dasar. Siswa dengan kemampuan matematis rendah menunjukkan literasi numerasi dan finansial yang cukup setelah mengikuti kegiatan P5 tema kewirausahaan. Mereka mampu menggunakan simbol matematika, menganalisis informasi, serta menguraikan hasil analisis untuk membuat keputusan. Dalam aspek finansial, mereka cukup mampu mengenali istilah keuangan umum, menginterpretasikan konsep keuangan dasar, membedakan kebutuhan dan keinginan, mengambil keputusan pengeluaran harian, serta memecahkan masalah keuangan rutin menggunakan operasi numerik dasar.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Matematika | ||||||||
Keywords: | Literasi numerasi; literasi finansial; projek penguatan profil pelajar Pancasila; kewirausahaan; kemampuan matematis | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | Nabilla Kirana | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 03:55 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 03:55 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82975 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |