This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Faizah, Nur (2024) Peran orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 di MI al- Huda Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Nur Faizah_D07217024.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Nur Faizah_D07217024_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 28 July 2028. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya peran orang tua kepada anaknya, terlebih lagi orang tua mempunyai waktu yang sedikit dan hanya memprioritaskan waktu kerja dari pada waktu belajar dengan anak. Hal tersebut menunjukkan sebuah kekurangan dari diri anak untuk semangat yang tinggi dalam belajar dan anak lebih sulit memahami sebuah pelajaran, orang tua hanya pasrah dengan kegiatan belajar di sekolah, dan tidak memperhatikan kegiatan belajar ketika di rumah. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti permasalahan tersebut dan mengangkat judul penelitian peran orang tua dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 di MI Al- Huda Surabaya.Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini yaitu: bagaimana keterampilan membaca siswa kelas 1 di MI Al- Huda Surabaya serta bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan keterampilan membaca. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 di MI Al- Huda Surabaya. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, karena tujuan dari penelitian deskriptif yaitu untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa kelas 1 di MI Al- Huda surabaya masih rendah karena anak kurang diperhatikan saat belajar membaca, kemajuan keterampilan membaca anak menjadi meningkat, karena bantuan peran orang tua yang penuh perhatian dalam mendidik dan membimbing anaknya. dimana orang tuanya yang sudah mendidiknya dengan maksimal dari situ dapat kita lihat bahwa peran orang tua sangat berpengaruh terhadap kemampuan membaca dan pada pelajaran yang lain. Dengan adanya peran orang tua dalam membimbing dan mengajari anaknya membaca di rumah, memasukan anknya ke tempat les/bimbel, memnuhi fasilitas anak dan juga perhatian orang tua, maka keterampilan membaca anak menjadi meningkat, meskipun tidak semua anak mendapatkan perhatian serta bimbingan dari
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Orang tua dan Anak |
||||||||||||
Keywords: | Peran orang tua; keterampilan membaca Siswa kelas 1 | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Nur Faizah | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2025 05:33 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2025 05:33 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82984 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |