This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Putri, Mawar Dilla (2025) Pengembangan media pembelajaran game question and act berbasis platform wordwall untuk melatih kemampuan berpikir kritis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Mawar Dilla Putri_06040421079.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Mawar Dilla Putri_06040421079_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 22 July 2028. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis platform wordwall menggunakan permainan question and act agar menjadi media pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan efektif untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Media pembelajaran matematika berbasis wordwall perlu dikembangkan karena dapat mendukung pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif. Platform tersebut juga mempunyai fitur yang mudah untuk digunakan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran matematika berbasis platform wordwall menggunakan permainan question and act. Hasil media pembelajaran matematika akan diujikan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Gedangan sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik, yakni catatan lapangan, validasi, angket respons siswa, dan tes. Setelah memperoleh data, data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif statistik berupa rata-rata dan persentase. Hasil data yang diperoleh dalam penelitian ini: 1) Proses pengembangan media pembelajaran yang menggunakan lima tahapan ADDIE. Pada tahap analisis, data yang diperoleh berupa permasalahan pada pembelajaran matematika, penerapan media pembelajaran yang belum mengikuti perkembangan teknologi dan hanya menggunakan buku. Tahap perancangan, pembuatan rancangan media pembelajaran. Tahap pengembangan, membuat media pembelajaran sesuai dengan rancangan kemudian divalidasi dan diperbaiki sesuai masukan validator. Tahap penerapan, kegiatan penerapan media pembelajaran di kelas. Tahap evaluasi, peneliti melakukan evaluasi dan menilai keefektifan media pembelajaran game question and act berbasis platform wordwall untuk melatih kemampuan berpikir kritis; 2) Media pembelajaran dinyatakan “valid” dengan nilai rata-rata total kevalidan sebesar 3,16; 3) Media pembelajaran dinyatakan “praktis” dengan nilai rata-rata kepraktisan 76,04 dengan kriteria B yang artinya dapat digunakan dengan sedikit revisi; 4) Media pembelajaran dinyatakan “efektif” untuk melatih kemampuan berpikir kritis dengan nilai rata-rata respons siswa 96,25 dengan kriteria sangat baik dan nilai persentase tes pada level 3 (tidak kritis) tidak lebih dari 60%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Game Online Matematika Pengajaran |
||||||||||||
Keywords: | Media pembelajaran; game question and act; platform wordwall; kemampuan berpikir kritis | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Mawar Dilla Putri | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:55 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2025 02:55 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83062 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |