Analisis keterampilan metakognisi peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan diferensiasi proses di SMA Gema 45 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Melinda, Dwi (2025) Analisis keterampilan metakognisi peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan diferensiasi proses di SMA Gema 45 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Melinda_06040421068.pdf

Download (27MB)
[img] Text
Dwi Melinda_06040421068_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2028.

Download (27MB)

Abstract

Keterampilan metakognisi adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk mengatur atau mengendalikan kognisinya sendiri dan aktivitas pembelajaran yang dilakukan untuk meningkatkan kognisi tersebut.Kurikulum merdeka menjadi kurikulum yang menekankan pembelajaran aktif dan mandiri melalui pengembangan metakognisi, tetapi dalam hal ini penerapan di sekolah masih belum optimal. Banyak peserta didik yang belum menyadari atau memanfaatkan keterampilan metakognisi secara maksimal yang terdiri dari perencanaan, pemantauan, dan evaluasi, sehingga berdampak pada rendahnya pemahaman konsep dan hasil belajar matematika. Untuk mengatasi tantangan ini, pendekatan pembelajaran diferensiasi, khususnya diferensiasi proses, dinilai mampu menyesuaikan strategi belajar dengan kebutuhan peserta didik serta meningkatkan kesadaran berpikir dan keterampilan metakognisi. Sehingga, penelitian ini penting dilakukan untuk mengisi kesenjangan tersebut dan meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan metakognisi peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan diferensiasi proses. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang dilaksanakan di SMA Gema 45 Surabaya pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian terdiri dari 6 peserta didik kelas X-2 SMA Gema 45 Surabaya, yaitu 2 peserta didik dengan kelompok kesiapan belajar tinggi, 2 peserta didik dengan kelompok kesiapan belajar sedang, 2 peserta didik dengan kelompok kesiapan belajar rendah. Pemilihan subjek tersebut dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data tematik dengan menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan metakognisi peserta didik dalam kelompok kesiapan belajar tinggi dengan pendekatan inkuiri mampu menunjukkan aktivitas dalam indikator perencanaan, pemantauan, dan evaluasi. Sedangkan peserta didik dalam kelompok kesiapan belajar sedang dengan pendekatan konstruktivisme cukup mampu menunjukkan aktivitas dalam indikator perencanaan, pemantauan dan evaluasi. Kemudian peserta didik dalam kelompok kesiapan belajar rendah dengan pendekatan kontekstual kurang mampu menunjukkan aktivitas dalam indikator perencanaan dan pemantauan, serta cukup mampu menunjukkan aktivitas dalam indikator evaluasi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Melinda, Dwidwiimelinda321@gmail.com06040421068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Subjects: Keterampilan
Matematika
Matematika
Keywords: Keterampilan metakognisi; pembelajaran matematika; pendekatan diferensiasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dwi Melinda
Date Deposited: 01 Aug 2025 03:59
Last Modified: 01 Aug 2025 04:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83078

Actions (login required)

View Item View Item