This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Syaifulloh, Vian Nur (2025) Efektivitas penggunaan media pembelajaran google sites dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SDN Kedungturi Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Vian Nur Syaifulloh_D91219155 full.pdf Restricted to Repository staff only until 23 July 2028. Download (4MB) |
![]() |
Text
Vian Nur Syaifulloh_D91219155.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Google Sites dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN Kedungturi Taman Sidoarjo. Fokus penelitian meliputi: 1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran Google Sites pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN Kedungturi? 2) Bagaimana prestasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran Google Site pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN Kedungturi? 3) Bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran Google Sites dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN Kedungturi Taman Sidoarjo? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi-experimental design), yakni desain pretest-posttest dengan kelompok kontrol. Sampel penelitian terdiri dari 48 siswa kelas V yang terbagi menjadi dua kelas: kelas eksperimen yang menggunakan Google Sites dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes tertulis, dengan analisis data meliputi statistik deskriptif, uji normalitas (Shapiro-Wilk), uji non-parametrik Mann-Whitney U Test, serta perhitungan effect size menggunakan rank-biserial correlation. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penggunaan media pembelajaran Google Sites tergolong “baik” dengan persentase 74,48%; (2) rata-rata nilai post-test kelas eksperimen lebih tinggi (91,04) dibandingkan kelas kontrol (80,42), dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 95,83% pada kelas eksperimen; (3) hasil uji MannWhitney U menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 (< 0,05), dan nilai effect size sebesar 0,47, yang tergolong sedang mendekati besar. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran Google Sites efektif secara statistik maupun praktis dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Prestasi Belajar Agama dan Ilmu Pengetahuan |
||||||||||||
Keywords: | Efektivitas; Google Sites; prestasi belajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Vian Nur Vian Nur | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2025 08:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2025 08:40 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83108 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |