Kompetensi kognitif dan kesiapan calon guru matematika tentang pembelajaran berdiferensiasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munawaroh, Vina Shofwatul (2025) Kompetensi kognitif dan kesiapan calon guru matematika tentang pembelajaran berdiferensiasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vina Shofwatul Munawaroh_06020420046.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Vina Shofwatul Munawaroh_06020420046_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena guru matematika mengalami hambatan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka.Beberapa hambatan tersebut diantaranya kurangnya pemahaman, keterampilan dan referensi model pembelajaran berdiferensiasi. Salah satu tawaran solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah memberikan pemahaman mendalam bagi mahasiswa calon guru matematika agar nantinya mereka siap menjadi tenaga pendidik profesional. Tujuan dari penelitian : 1) Mendeskripsikan kompetensi kognitif calon guru matematika tentang pembelajaran berdiferensiasi. 2) Mengidentifikasi kesiapan calon guru matematika untuk berpartisipasi dalam pengajaran pembelajaran berdiferensiasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 33 mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya angkatan 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini menggunakan metode Miles dan Huberman, kegiatannya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berupa persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kompetensi kognitif calon guru matematika tentang pembelajaran berdiferensiasi pada aspek pengetahuan kategori tidak mampu 1,1%, kurang mampu 67,6% dan kategori mampu 31,3%, pada aspek pemahaman kategori tidak mampu 57,6%, kategori kurang mampu 36,4% dan kategori mampu 6%. Dengan persentase akhir seluruh kategori pada aspek pengetahuan sebesar 57,5% pada kriteria kompetensi masuk pada kategori mampu dan aspek pemahaman sebesar 42,25% pada kriteria kompetensi masuk pada kategori kurang mampu. 2) Kesiapan calon guru matematika tentang pembelajaran berdiferensiasi terdapat 23 mahasiswa masuk kategori siap, 10 mahasiswa masuk kategori sangat siap dan hanya 2 dari 33 mahasiswa yang mampu menerapkan pembelajaran berdiferensiasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munawaroh, Vina Shofwatulvinashofwatul01@gmail.com06020420046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Matematika
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: kompetensi kognitif; kesiapan; pembelajaran berdiferensiasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: vina shofwatul munawaroh
Date Deposited: 24 Jul 2025 05:36
Last Modified: 24 Jul 2025 05:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83136

Actions (login required)

View Item View Item