Strategi integrated marketing communication (IMC) dalam meningkatkan minat menabung emas generasi milenial pada PT. Pegadaian Syariah cabang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriya, Nila Agustin (2024) Strategi integrated marketing communication (IMC) dalam meningkatkan minat menabung emas generasi milenial pada PT. Pegadaian Syariah cabang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nila Agustin Fitriya_08010421027.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nila Agustin Fitriya_08010421027_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2028.

Download (3MB)

Abstract

Strategi integrated marketing communication yang diterapkan oleh PT. Pegadaian Syariah Cabang Sidoarjo dalam meningkatkan minat menabung emas generasi milenial meliputi iklan, pemasaran langsung, promosi penjualan, personal selling, dan hubungan masyarakat dengan pendekatan digital. Minat menabung emas generasi milenial adalah salah satu topik yang menarik untuk diteliti dalam bidang investasi dan perilaku keuangan. Topik ini menjadi penting karena generasi milenial kini merupakan kelompok usia yang memiliki daya beli yang signifikan, serta kecenderungan unik dalam berinvestasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi Integrated Marketing Communication dalam meningkatkan minat generasi milenial untuk menabung emas di PT. Pegadaian Syariah Cabang Sidoarjo. Seiring dengan meningkatnya kesadaran investasi di kalangan milenial, Pegadaian Syariah memanfaatkan pendekatan IMC untuk memperkenalkan produk tabungan emas melalui berbagai saluran pemasaran, termasuk iklan, pemasaran langsung, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi integrated marketing communication mampu meningkatkan minat menabung emas di kalangan generasi milenial, meskipun tantangan masih ada dalam hal edukasi dan promosi yang lebih intensif. Strategi integrated marketing communication juga memperlihatkan bahwa pendekatan komunikasi yang konsisten dan terintegrasi sangat berpengaruh terhadap peningkatan penjualan produk tabungan emas pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Sidoarjo. Strategi integrated maketing communication di katakan berhasil karena jumlah nasabah generasi milenial pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Sidoarjo mengalami peningkatan dari 2022 sebesar 698 nasabah dan pada 2024 sebesar 1.450 nasabah. Adapun saran kepada untuk memperkuat strategi digital marketing dengan konten yang lebih menarik dan edukatif, serta meningkatkan frekuensi komunikasi langsung dengan calon nasabah. Implementasi strategi IMC yang lebih optimal iharapkan dapat mendorong generasi milenial untuk lebih tertarik dan berpartisipasi dalam menabung emas, mendukung pertumbuhan bisnis PT. Pegadaian Syariah Cabang Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriya, Nila Agustinfebryaldiansyah228@gmail.com08010421027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Sirojulsirajul.arifin@uinsby.ac.id; sirajul.arifin@gmail.com2014057001
Subjects: Bank Islam
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Konsumen
Keywords: IMC; minat menabung; generasi milenial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nila Fitriya
Date Deposited: 24 Jul 2025 04:44
Last Modified: 24 Jul 2025 04:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83154

Actions (login required)

View Item View Item