تحليل مناسبة أسلوب تعلم الطلاب مع عملية تعليم اللغة العربية في المدرسة الثانوية الحكومية سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahrezi, Farid Ahmad (2025) تحليل مناسبة أسلوب تعلم الطلاب مع عملية تعليم اللغة العربية في المدرسة الثانوية الحكومية سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farid Ahmad Fahrezi_06020220034.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Farid Ahmad Fahrezi_06020220034_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 July 2028.

Download (10MB)

Abstract

Peneliti membahas "Analisis Kesesuaian Gaya Belajar Siswa terhadap Proses Pembelajaran Bahasa Arab di MAN Kota Surabaya." Tujuan dari penelitian ini adalah: Menentukan jenis-jenis gaya belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Kota Surabaya. Mendeskripsikan proses pembelajaran bahasa Arab yang sesuai dengan gaya belajar siswa di MAN Kota Surabaya. Mengetahui permasalahan yang terdapat dalam proses pembelajaran bahasa Arab di MAN Kota Surabaya serta solusinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder, yaitu guru mata pelajaran Bahasa Arab dan siswa kelas X-J. Teknik dan alat pengumpulan data meliputi wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data dilakukan melalui penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Gaya belajar siswa di MAN Kota Surabaya sangat beragam, mencakup gaya belajar auditori (42%), kinestetik (33%), dan visual (22%). 2) Proses pembelajaran bahasa Arab di sekolah ini sebagian besar telah mengakomodasi gaya belajar tersebut melalui pendekatan eklektik yang digunakan oleh para guru, yaitu dengan menggabungkan berbagai metode seperti ceramah, diskusi, media audio-visual, praktik langsung, dan penggunaan media pembelajaran yang variatif. 3) Masih terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan waktu, kurangnya sumber belajar yang mendukung beberapa gaya belajar tertentu, serta belum meratanya pemahaman guru tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Oleh karena itu, perlu adanya penguatan strategi pembelajaran yang lebih adaptif terhadap perbedaan gaya belajar siswa agar proses pembelajaran bahasa Arab menjadi lebih efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahrezi, Farid Ahmadridarezi12@gmail.com06020220034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Thesis advisorJannah, Ida Miftakhulidamj@uinsby.ac.id2006088002
Subjects: Bahasa Arab
Belajar
Keywords: Analisis; gaya belajar siswa; proses pembelajaran bahasa arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Unnamed user with email 06020220034@student.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2025 07:49
Last Modified: 25 Jul 2025 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83216

Actions (login required)

View Item View Item