Pengembangan handout berbasis etnomatematika peninggalan sunan sendang duwur pada materi bangun ruang untuk meningkatkan minat belajar siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfi, Nur Azuraini (2025) Pengembangan handout berbasis etnomatematika peninggalan sunan sendang duwur pada materi bangun ruang untuk meningkatkan minat belajar siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Azuraini Lutfi_06010421022.pdf

Download (15MB)
[img] Text
Nur Azuraini Lutfi_06010421022_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 August 2028.

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa terhadap pelajaran matematika khususnya pada materi bangun ruang. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa media ajar yang digunakan kurang menarik, tidak interaktif, dan belum mengaitkan materi dengan konteks budaya lokal. Untuk itu, upaya peningkatan minat belajar siswa dapat dilakukan melalui pengembangan bahan ajar yang kontekstual dan berbasis budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan handout berbasis Etnomatematika Peninggalan Sunan Sendang Duwur pada materi bangun ruang untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Pada tahap analisis awal diperoleh bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep bangun ruang, memiliki minat belajar yang rendah dan membutuhkan bahan ajar yang menarik. Tahap perancangan, peneliti mulai merancang desain handout digital berbasis Etnomatematika, struktur materi, dan instrumen penelitian. Pada tahap pengembangan, handout dikembangkan secara digital, kemudian divalidasi oleh tiga validator. Pada tahap implementasi, handout diuji coba kepada 20 siswa kelas VIII-B MTs Al-Muhtadi Sendangagung. Pada tahap evaluasi peneliti menganalisis data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui catatan lapangan, teknik kevalidan, angket, serta teknik observasi. Data pre-angket dan post-angket dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji Wilcoxon untuk mengetahui pengaruh perlakuan. Selain itu, uji N-Gain digunakan untuk mengukur tingkat peningkatan minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan menghasilkan handout digital berbasis Etnomatematika yang memuat materi bangun ruang dan dikaitkan dengan unsur budaya Peninggalan Sunan Sendang Duwur seperti masjid, kompleks makam, dan sumur giling; (2) handout dinyatakan “valid” oleh tiga validator dengan rata-rata skor sebesar 4,01; (3) handout dinyatakan “praktis” berdasarkan hasil angket siswa dengan persentase sebesar 93,86%; dan (4) handout dinyatakan “efektif” dalam meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi aktivitas siswa yang menunjukkan dominasi keterlibatan aktif siswa dibandingkan keterlibatan pasif selama pembelajaran, serta dari hasil angket minat belajar siswa yang menunjukkan adanya perubahan signifikan. Uji Wilcoxon menghasilkan nilai Asymp.Sig.(2-tailed) < 0,000 (p < 0,05) yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara minat belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Selain itu, peningkatan minat belajar siswa termasuk dalam kategori sedang, dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,5263.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfi, Nur Azuraininurazurainilutfi@gmail.com06010421022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Subjects: Matematika
Budaya
Keywords: Handout; etnomatematika; Sunan Sendang Duwur; bangun ruang; minat belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Azuraini Lutfi
Date Deposited: 25 Jul 2025 08:17
Last Modified: 25 Jul 2025 08:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83225

Actions (login required)

View Item View Item