Peningkatan keterampilan pengukuran satuan panjang dengan model pembelajaran contextual teaching and learning di kelas 3 MI Islamiyah Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurani, Hinggil (2024) Peningkatan keterampilan pengukuran satuan panjang dengan model pembelajaran contextual teaching and learning di kelas 3 MI Islamiyah Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hinggil Nurani_D97217094 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 July 2028.

Download (3MB)
[img] Text
Hinggil Nurani_D97217094.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penerapan model Contextual Teaching and Learning dipilih menjadi solusi permasalahan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan model Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan keterampilan mengukur satuan panjang mata pelajaran matematika siswa kelas III MI Islamiyah Cangkringsari Sukodono Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan mengukur satuan panjang mata pelajaran matematika melalui model Contextual Teaching and Learning siswa kelas III MI Islamiyah Cangkringsari Sukodono Sidoarjo. Metode penelitian tindakan kelas ini menggunakan model CTL yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Islamiyah Cangkringsari Sukodono Sidoarjo yang terdiri dari 29 siswa. Tindakan yang dilakukan adalah menerapkan model Contextual Teaching and Learning. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, penilaian unjuk kerja, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model Contextual Teaching and Learning sudah diterapkan sesuai perencanaan. Hal ini dibuktikan dari peningkatan aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 79,17(cukup) menjadi 93 (sangat baik) pada siklus II. Dibuktikan juga dengan peningkatan aktivitas siswa dari perolehan skor 72,37 (cukup) pada siklus I menjadi 92,5 (sangat baik) pada siklus II. (2) Keterampilan mengukur satuan panjang melalui model Contextual Teaching and Learning mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 73,52 (cukup) dengan persentase ketuntasan belajar 68,97% (cukup) menjadi 91,37 (sangat baik) dengan persentase ketuntasan belajar 89,65% (baik) pada siklus II. Jadi, nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan sebanyak 17,73 sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebanyak 20,65%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurani, Hinggilhinggilnurani0699@gmail.comD97217094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsa.ac.id2010097301
Subjects: Keterampilan
Matematika
Pendidikan
Keywords: Keterampilan; mengukur; contextual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hinggil Nurani
Date Deposited: 28 Jul 2025 07:22
Last Modified: 28 Jul 2025 07:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83242

Actions (login required)

View Item View Item