Pengaruh penerapan model project based learning terhadap kemandirian peserta didik dalam pembelajaran PAI di UPT SMPN 10 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholidah, Putri Alifiyah (2025) Pengaruh penerapan model project based learning terhadap kemandirian peserta didik dalam pembelajaran PAI di UPT SMPN 10 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Alifiyah Kholidah_D71219080 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 July 2028.

Download (7MB)
[img] Text
Putri Alifiyah Kholidah_D71219080.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian lapangan yang berjudul, Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Kemandirian Peserta Didik Dalam Pembelajaran PAI Di UPT SMPN 10 Gresik. Skripsi ini bertujuan menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam rumusan masalah yaitu: Bagaimana penerapan model Project Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SMPN 10 Gresik, bagaimana kemandirian peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SMPN 10 Gresik, bagaimana pengaruh penerapan model Project Based Learning terhadap kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di UPT SMPN 10 Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan desain penelitian asosiatif. Instrumen penelitian berupa angket skala Likert yang diberikan kepada peserta didik kelas VII C dan VII G yang dipilih secara purposive. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial berupa uji regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning berada pada kategori sangat baik, dan tingkat kemandirian belajar peserta didik tergolong tinggi. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara penerapan model Project Based Learning terhadap kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholidah, Putri Alifiyahputrialifiyah30@gmail.comD71219080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Thesis advisorRidwan, Auliyaaridwan@uinsby.ac.id2011058502
Subjects: Contextual Teaching and Learning
Motivasi Belajar
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Project Based Learning; kemandirian belajar; pembelajaran PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Alifiyah Kholidah
Date Deposited: 28 Jul 2025 07:24
Last Modified: 28 Jul 2025 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83244

Actions (login required)

View Item View Item