This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Maharani, Zalfa (2025) Pengaruh faktor sosial dan faktor pengetahuan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk cicilan emas di Bank Syariah Indonesia KCP Diponegoro Surabaya dengan persepsi harga sebagai variabel moderasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Zalfa Maharani_08040421207 full.pdf Restricted to Repository staff only until 8 August 2028. Download (4MB) |
![]() |
Text
Zalfa Maharani_08040421207.pdf Download (4MB) |
Abstract
Perkembangan industri dunia perbankan syariah di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat, salah satunya dalam produk pembiayaan cicil emas yang ditawarkan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI). Produk cicil emas BSI menjadi pilihan investasi yang semakin diminati karena kemudahannya dalam kepemilikan emas dengan sistem angsuran berbasis akad murabahah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor sosial dan pengetahuan yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih produk cicil emas di BSI Kantor Cabang Pembantu (KCP) Surabaya Diponegoro dengan persepsi harga sebagai variabel moderasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada 82 responden yang merupakan nasabah cicil emas BSI CP Surabaya Diponegoro. Analisis data dilakukan menggunakan metode regresi linier berganda dan analisis regresi moderasi atau Moderated Regression Analysis (MRA) untuk mengetahui pengaruh langsung maupun efek moderasi dari persepsi harga terhadap hubungan antara faktor sosial dan faktor pengetahuan dengan keputusan nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor sosial tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah sedangkan faktor pengetahuan memiliki pengaruh terhadap keputusan nasabah. Selain itu, persepsi harga sebagai variabel moderasi tidak dapat memperkuat faktor dalam penelitian ini. Persepsi harga dalam penelitian ini merupakan bagian dari pure moderasi. Namun, persepsi harga dapat berpengaruh jika sebagai variabel independen. Hal ini menunjukkan bahwa nasabah lebih mempertimbangkan pemahaman dalam keputusan investasi dibandingkan pengaruh kedekatan sosial. Penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa keputusan nasabah lebih dipengaruhi oleh pemahaman pribadi terhadap produk dan penilaian rasional terhadap harga dibandingkan pengaruh lingkungan sosial. Oleh karena itu, pihak bank perlu memperkuat edukasi produk kepada nasabah dan meningkatkan pemahaman mengenai manfaat investasi emas. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi kontribusi ilmiah dalam pengembangan strategi pemasaran berbasis perilaku konsumen dalam konteks perbankan syariah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Bank dan Perbankan Islam Ekonomi Islam |
||||||||
Keywords: | Cicil emas; faktor sosial; faktor pengetahuan; persepsi harga; keputusan nasabah | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Zalfa Maharani | ||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2025 08:05 | ||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2025 08:05 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83469 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |