This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hidayat, Ahmad Shaiful (2010) Guru PAI ideal menurut persepsi siswa SMP Baitussalam Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover Ahmad Shaiful Hidayat D01206196.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tujuan Pendidikan Nasional yang secara garis besar diarahkan pada penggalian dan pengembangan sumber daya manusia secara optimal dengan tujuan mempersiapkan generasi penerus dalam menghadapi tantangan masa depan, demi suksesnya pembangunan guru yang profesional akan selalu menjadi motivator dalam PBM yaitu dengan cara memberikan rangsangan dan dorongan serta dapat mendinamisasikan potensi siswa dalam menumbuhkan aktifitas mentalnya, sehingga akan terjadi dinamika dalam PBM. Guru profesional merupakan sosok dari seorang guru ideal. Dalam proses pembelajaran guru ideal sangat penting dan dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas pendidikan karena menyangkut esensi pekerjaan yang membutuhkan kemahiran.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memahami guru PAI yang ideal menurut persepsi siswa SMP Baitussalam Surabaya
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif.. untuk mendapatkan data penelitian digunakan metode observasi, interview dan dokumentasi, yang mana data yang sudah dikumpulkan tersebut dianalis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif
Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI ideal menurut persepsi siswa SMP Baitussalam Surabaya adalah guru PAI yang telah memenuhi serta menerapkan indikator esensial yang terdapat pada sub-kompetensi di tiap-tiap kompetensi. (1) Kompetensi pedagogik; Guru yang baik (ideal) adalah guru yang mampu melaksanakan/menjalankan tugasnya yang berkaitan dengan anak didik dengan baik. (2) Kompetensi profesional; Sebagai tenaga professional seorang guru dituntut untuk mengetahui, memahami, serta melaksanakan tugasnya dengan baik terkait dengan profesinya sebagai guru. (3) Kompetensi kepribadian; Seorang guru harus mempunyai kepribadaian yang menarik, yakni suatu kepribadian yang dapat membuat orang lain tertarik dengan dirinya, sehingga orang lain mau mendengarkan apa yang diucapkannya dan mau melaksanakan apa yang diperintahkannya. (4) Kompetensi sosial; Guru yang baik adalah guru yang mampu bergaul serta peduli dengan orang-orang di sekelilingnya. Seorang guru haruslah memiliki jiwa sosial yang tinggi dengan demikian orang-orang di sekelilingnya akan menaruh simpati terhadapnya, dan mau mendengarkan serta menuruti perkataannya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Guru Pendidikan > Pendidikan Islam |
||||||||
Keywords: | Guru PAI Ideal | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2010 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2021 07:27 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8357 |
Actions (login required)
View Item |