This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Azizah, Rif’Atul (2010) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE GALLERY WALK (PAMERAN BERJALAN) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN QUR'AN HADITS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (727kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (23kB) | Preview |
Abstract
Dalam penelitian ini dirumuskan beberapa permasalahan, antara lain:
1) Bagaimana penerapan metode gallery walk pada mata pelajaran Qur'an-Hadits kelas X di MAN Lamongan,
2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas X dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode gallery walk pada mata pelajaran Qur'an-Hadits di MAN Lamongan, dan
3) Bagaimana efektivitas penerapan metode gallery walk dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Qur'an-Hadits di MAN Lamongan.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana analisisnya menggunakan uji T untuk mengetahui sejauh mana efektivitas hasil belajar siswa dengan penerapan metode gallery walk dan data yang diperoleh melalui beberapa teknik diantaranya adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi.
Adapun data yang diperoleh untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
1) Penerapan metode gallery walk pada mata pelajaran Qur'an-Hadits kelas X di MAN Lamongan yang diterapkan selama dua kali pertemuan sesuai dengan hasil observasi tergolong sangat baik, hal ini dapat dilihat dari analisis data melalui tabel pengamatan diperoleh rata-rata skor 3,6 yang berada diantara 3,5 – 4,0 maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode gallery walk pada mata pelajaran Qur'an-Hadits kelas X termasuk kategori sangat baik.
2) Hasil belajar siswa kelas X dengan menggunakaan metode gallery walk pada mata pelajaran Qur'an-Hadits di MAN Lamongan sesuai dengan tes hasil belajar siswa adalah tuntas. Hal ini dapat dilihat dari data melalui prosentase ketuntasan dalam belajar adalah 88,6 %, dibandingkan dengan yang tidak menggunakan metode gallery walk ketuntasan belajar siswa yang hanya mencapai 72,7 %.
3) Penerapan metode gallery walk secara signifikan dapat menunjukkan efektivitasnya sebagai metode pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Qur’an-Hadits di MAN Lamongan. Hal ini dapat diketahui dari hasil formulasi statistik dengan uji T yang diperoleh dalam perhitungan yakni 3,32 adalah lebih besar dari T tabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1 % ( 1,99 3,32 2,63).
Dengan demikian berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (H0) yang diajukan dengan pernyataan tidak terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode gallery walk ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode gallery walk. Untuk itu penulis dapat menyarankan kepada pembaca khususnya guru PAI untuk mencoba menerapkan metode gallery walk pada mata pelajaran Qur'an-Hadits, dengan harapan semoga berhasil dan sukses.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Islam |
||||||
Keywords: | Metode Gallery Walk; HAsil Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2010 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2015 07:52 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8361 |
Actions (login required)
View Item |