This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Badriyah, Badriyah (2010) Efektivitas penerapan strategi Genius Learning dalam peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Umar Mas'ud Sangkapura. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
abstrak.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
bab6.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: a) Bagaimana penerapan strategi genius leraning dalam peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Umar Mas ud Sangkapura? b) Bagaimana tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Umar Mas ud Sanglapura? c) Bagaimana efektivitas penerapan strategi genius leraning dalam peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII Di MTs Umar Mas ud Sangkapura? Dalam penelitian ini bertujuan: a) Untuk mengetahui penerapan strategi genius leraning dalam peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII Di MTs Umar Mas ud Sangkapura, b) Untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII Di MTs Umar Mas ud Sangkapura, c) Untuk mengetahui efektfitas penerapan strategi Genius Learning dalam peningkatan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Di MTs Umar Mas ud Sangkapura. Di dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimental design yaitu penelitian yang menggunakan rancangan one group design pre-test post-test serta dilakukan pada satu kelas tanpa menggunakan kelompok pembanding dengan alasan bahwa sample yang diambil merupakan sample jenuh sebanyak 35 siswa diambil secara keseluruhan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: metode observasi, metode interview, test dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji parametrik (uji paired test atau uji data berpasangan). Dari analisis data hasil pengujian hipotesis telah diperoleh, a) Strategi genius learning efektif terhadap pemahaman belajar siswa dapat diketahui dengan adanya kemampuan guru dalam menerapkan strategi tersebut mendapat 94 % dengan kriteria baik. b) Hasil analisis untuk pemahaman (ketuntasan belajar) siswa selama kegiatan. pembelajaran dengan menggunakan strategi diatas tergolong tuntas atau paham yaitu dapat dilihat dari hasil Pre-Test sebesar 73,57 %, sedangkan pencapaian hasil skor pada saat Post-Test sebesar 75,71 %, sehingga ketercapaian KBM disini meningkat sebesar 2,14 %. Dan dapat dikatakan pula bahwa siswa yang tuntas individual pada KBK sebanyak 33, dari jumlah keseluruhan siswa (KBM) sebanyak 35 siswa. Dengan ketuntasan belajar sebesar 94 %. Oleh karena itu ketuntasan belajar klasikal KBK sebesar 85 %. Maka dapat dikatakan bahwasanya pembelajaran dengan menggunakan strategi genius learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak tercapai dengan kriteria tuntas. c). Efektivitas penerapan strategi genius learning kategori baik, hal ini dibuktikan dengan uji tingkat efektivitas penerapan strategi tehadap pemahaman belajar siswa dapat dilihat dari hasil uji paired test yaitu thitung dengan nilai 5,04962 lebih besar dari ttabel dengan nilai 2,042, maka dari itu dapat dikatakan strategi genius learning efektif terhadap pemahaman belajar siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar | ||||||||
Keywords: | Strategi Genius Learning; Akidah Akhlak | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2010 | ||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2019 04:58 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8370 |
Actions (login required)
View Item |