This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Pratiwi, Hanum (2024) Dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran dan interaksi sosial pada anak usia 5-6 tahun di KB RA Al Furqon Kalipecabean Candi Sidoarjo: studi kasus di KB RA Al Furqon, kecamatan Candi, kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Hanum Pratiwi_I73217058.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
Hanum Pratiwi_I73217058_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 22 August 2028. Download (9MB) |
Abstract
Sesuai dengan keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana tercantum dalam Surat Edaran Nomor 15 yang memperkuat Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pendidikan pada Masa Darurat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), pembelajaran daring telah dilaksanakan di dunia pendidikan Indonesia sejak merebaknya COVID-19. Akibat banyaknya keluhan orang tua terhadap metode pembelajaran ini, baik dari segi komunikasi, kendala teknologi sebagai media pembelajaran, dan sebagainya, maka pelaksanaan pembelajaran daring pada jenjang taman kanak-kanak atau usia dini menjadi kendala bagi anak maupun orang tua. Berdasarkan filosofi Interaksionisme Simbolik, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana orang tua dan anak berkomunikasi serta tantangan apa saja yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan pencatatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya keterkaitan yang kuat antara ketiga gagasan Mead dengan keterampilan komunikasi yang dimiliki orang tua dalam pembelajaran daring bagi anak. Namun, pendekatan daring yang digunakan pada anak prasekolah dan siswa yang lebih muda tidak berjalan dengan baik. Selain itu, masih ada beberapa tantangan lain yang muncul saat belajar, seperti kendala sinyal atau jaringan, kendala biaya pembelian kuota internet, keterbatasan kepemilikan ponsel android, orang tua yang sibuk dengan pekerjaan dan penjualan, serta anak yang kurang bersemangat belajar, bosan, atau moody.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Guru Masyarakat Keluarga > Keluarga - Anak |
||||||||
Keywords: | covid-19; interaksi sosial; orang tua | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi | ||||||||
Depositing User: | Hanum Pratiwi | ||||||||
Date Deposited: | 22 Aug 2025 01:39 | ||||||||
Last Modified: | 22 Aug 2025 01:39 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83839 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |