This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mutawadli'ah, Abidatul (2010) PENGARUH APRESIASI PENDIDIKAN DINIYAH TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA DI MTS ASSAIDIYAH TANGGULREJO MANYAR GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
daftar isi.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
babi.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
babii.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
babiii.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
babiv.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
babv.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pstaka.pdf Download (21kB) | Preview |
Abstract
Dalam upaya memahami ajaran Islam, berbagai aspek yang berkenaan dengan Islam itu perlu dikaji secara seksama sehingga dapat dihasilkan pemahaman Islam yang komprehensif. Hal ini penting dilakukan, karena kualitas pemahaman keislaman seseorang akan mempengaruhi pola pikir, sikap dan tindakan keislaman yang bersangkutan. Pada saat ini pendidikan diniyah adalah salah satu pendidikan yang diharapkan agar seorang siswa tidak hanya mempelajari materi PAI yang diajarkan secara formal di sekolah tetapi juga mempunyai pengetahuan agama yang lebih luas diluar pendidikan formal serta membantu siswa agar dapat meningkatkan prestasi belajar PAI di sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana apresiasi pendidikan diniyah di MTs. Assa’idiyah; (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar PAI siswa di MTs. Assa’idiyah; (3) Apakah ada pengaruh apresiasi pendidikan diniyah terhadap peningkatan prestasi belajar PAI siswa di MTs. Assa’idiyah.
Subjek penelitian ini adalah 34 siswa di MTs. Assa’idiyah yang terdiri dari 10 siswa kelas VII, 7 siswa kelas VIII A, 7 siswa kelas VIII B dan 10 siswa kelas IX. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam penyajiannya penulis menguraikan secara jelas tentang obyek yang diamati serta menyajikannya dalam bentuk angka.
Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dokumen nilai-nilai. Analisis yang digunakan adalah:
(1) Analisis Deskriptif tentang apresiasi pendidikan diniyah dan prestasi belajar PAI siswa; (2) Analisis Statistik dengan menggunakan rumus Prosentase untuk mengetahui tentang apresiasi pendidikan diniyah, rumus Mean untuk mengetahui tentang peningkatan prestasi belajar PAI siswa dan rumus Product Moment Untuk menganalisis tentang pengaruh apresiasi pendidikan diniyah terhadap peningkatan prestasi belajar PAI siswa di MTs. Assa’idiyah Tanggulrejo Manyar Gresik.
Berdasarkan masalah tersebut diatas dan setelah dianalisa dapat disimpulkan bahwa (1) Apresiasi pendidikan diniyah adalah baik; (2) Prestasi belajar PAI siswa juga tergolong baik; (3) Pengaruh apresiasi pendidikan diniyah terhadap peningkatan prestasi belajar PAI siwa di MTs Assaidiyah, berdasarkan analisis diperoleh rxy hasil perhitungan = 0,646590 dengan jumlah responden 34 siswa, sedangkan r pada tabel koefisien korelasi product moment taraf signifikan 5% adalah 0,339.
Jadi rxy perhitungan lebih besar dari nilai r pada tabel, maka hipotesis kerja diterima. Adapun pengaruh apresiasi pendidikan diniyah terhadap peningkatan prestasi belajar PAI siswa di MTs. Assa’idiyah Tanggulrejo adalah tergolong cukup, hal ini berdasarkan pada r perhitungan yaitu 0,646590 yang berada pada rentangan 0,40-0,60 yang mana interpretasinya adalah sedang atau cukup.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Prestasi Belajar | ||||||
Keywords: | APRESIASI PENDIDIKAN DINIYAH; TANGGULREJO MANYAR | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2010 | ||||||
Last Modified: | 11 Nov 2019 04:06 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8388 |
Actions (login required)
View Item |