Pola komunikasi bisnis perempuan pengusaha dalam mengembangkan usaha mikro kecil: studi di Kelurahan Jemur Wonosari Wonocolo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Noviana (2010) Pola komunikasi bisnis perempuan pengusaha dalam mengembangkan usaha mikro kecil: studi di Kelurahan Jemur Wonosari Wonocolo Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (422kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini akan mengkaji tentang bagaimana pola komunikasi bisnis perempuan pengusaha dalam mengembangkan usaha mikro kecil di Kelurahan Jemur Wonosari Kecamatan Wonocolo Surabaya. Penelitian ini diperdalam tentang proses komunikasi bisnis perempuan pengusaha untuk kemudian mengetahui pola kmunikasi bisnis seperti apa yang dilakukan oleh perempuan pengusaha di kelurahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui keberlangsungan proses komunikasi bisnis dan pola komunikasi bisnis perempuan pengusaha di Kelurahan Jemur Wonosari Kecamatan Wonocolo Surabaya, yang mempunyai kriteria sesuai dengan subjek penelitian yakni ibu rumah tangga dan memliki omzet setiap bulannya 4-5 juta rupiah. Metode yang digunakan adalah studi lapangan, sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi baik resmi maupun sederhana yang dibuat oleh subjek penelitian. Untuk memperkaya analisis dan interpretasi data, penelitian ini didukung dengan kajian-kajian tentang komunikasi, perempuan pengusaha dan pola komunikasi bisnis yang meliputi gaya, metode, dan tipe berbisnis. Serta teori pendukung tentang pola komunikasi bisnis. Dari analisis yang dilakukan, disimpulkan bahwa proses Komunikasi bisnis yang dilakukan perempuan pengusaha dalam meningkatkan usaha mikro kecil mereka yakni berupa komunikasi timbale balik dari perempuan pengusaha kepada para konsumen secara langsung. Dan tidak memiliki banyak kendala atau dalam bahasa komunikasinya yang efektif. Hal tersebut berupa proses komunikasi bisnis yang mereka lakukan kepada komunikan (pelanggan maupun konsumen) dimana pemahaman akan pesan bisnis perempuan pengusaha itu hadir pada benak para konsumen.. Sedangkan pola komunikasi yang diterapkan oleh perempuann pengusaha di Kelurahan Jemur Wonosari Kecamatan Wonocolo Surabaya ini meliputi pola tindakan komunikatif, pola tindakan teleologis dan pola tindakan normatif. Hal ini juga di karenakan perempuan pengusaha di Kelurahan Jemur Wonosari Kecamatan Wonocolo Surabaya ini adalah perempuan yang rasional, santun dan menggunakan bahasa persuasif sehingga ada pengertian isi pesan antara pengusaha dan pelanggan sehingga apa yang ingin ditujukan kepada pelanggan dapat diterima dengan baik dan tepat.sehingga peneliti merekomendasikan bagi perempuan pengusah untuk senantiasa meningkatkan komunikasi bisnis mereka secara santun-persusif kepada pelanggan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, NovianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Komunikasi
Keywords: Pola Komunikasi Bisnis; Perempuan Pengusaha; Usaha Kecil Mikro
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Aug 2010
Last Modified: 17 Dec 2018 03:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8429

Actions (login required)

View Item View Item