This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rahman, Bagus Abdur (2025) Moderasi brand image terhadap minat beli mobil listrik "X" di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Bagus Abdur Rahman_08020321042 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Bagus Abdur Rahman_08020321042 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 6 October 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menguji berbagai faktor yang memengaruhi minat beli konsumen potensial mobil listrik merek "X" di pasar Indonesia. Secara spesifik, studi ini menguji pengaruh langsung dari subsidi pemerintah, harga pembelian, kesadaran lingkungan, serta infrastruktur pengisian daya. Selain itu, peran citra merek sebagai variabel moderasi, yang potensial memperkuat atau melemahkan hubungan antara faktor-faktor independen tersebut dengan minat beli konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survei sebagai jenis penelitian. Metode survei merupakan metode untuk mengumpulkan data pada lokasi terpilih dengan cara menyebarkan kuesioner. Adapun data yang diperoleh berjumlah 389 sampel, didapat melalui penyebaran kuesioner secara online dengan teknik non probabilitiy sampling. Data tersebut diolah menggunakan SmartPLS versi 4.0 untuk analisis. Hasil analisis data menemukan bahwa Subsidi pemerintah dan harga pembelian terbukti secara signifikan berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Selain itu, kesadaran lingkungan serta infrastruktur pengisian daya juga memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli, citra merek sendiri terbukti memiliki pengaruh langsung dan signifikan pada minat beli. Lebih lanjut, analisis moderasi menunjukkan bahwa citra merek berperan penting dalam memperkuat dampak subsidi pemerintah dan ketersediaan infrastruktur pengisian daya terhadap minat beli. Namun, peran moderasi citra merek tidak signifikan pada hubungan antara harga pembelian maupun kesadaran lingkungan dengan minat beli. Penelitian ini menyarankan untuk mengkomunikasikan secara jelas dan masif program subsidi pemerintah yang tersedia, menonjolkan nilai kompetitif dari harga produk, dan secara proaktif mengedukasi konsumen tentang infrastruktur pengisian daya yang berkembang. Selain itu, juga fokus pada pembangunan dan penguatan citra merek yang positif dan relevan, mengingat perannya sebagai pendorong minat beli dan faktor penting dalam memperkuat dampak dari inisiatif subsidi serta ketersediaan infrastruktur. Kampanye yang menyoroti aspek keberlanjutan dan kemudahan penggunaan juga akan sangat efektif untuk menarik segmen konsumen yang peduli lingkungan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Manajemen Pemasaran |
||||||||
Keywords: | Citra merek; minat beli; mobil listrik | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen | ||||||||
Depositing User: | Bagus Abdur Rahman | ||||||||
Date Deposited: | 06 Oct 2025 00:32 | ||||||||
Last Modified: | 06 Oct 2025 00:32 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84485 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |